>

Masuk Telekomunikasi, TRUB Right Issue Rp3,778 T

|

Juni Triyanto - Sindo

Masuk Telekomunikasi, TRUB Right Issue Rp3,778 T
JAKARTA - PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) berencana melakukan penawaran umum terbatas, atau right issue senilai Rp3,778 triliun, yang sedianya akan digunakan untuk mengakuisisi PT Asia Mobile.

"Penawaran umum terbatas tersebut rencananya akan dilakukan pada September nanti," ujar Investor Relations TRUB, Gamala V Katoppo, di Jakarta, Selasa (12/8/2008).

Sektor telekomunikasi, menurut Gamala, merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan saat ini. Perkembangannya yang sangat baik, membuat perseroan tertarik melakukan diversifikasi usaha ke sektor tersebut. "Kami melihat telekomunikasi sedang berkembang. Oleh karena itu kami akan meminta persetujuan pemegang saham untuk masuk ke sektor ini," ujar Gamala.

Untuk rencana tersebut, perseroan akan segera melakukan RUPSLB, pada 10 September 2008. Struktur rights issue yang ditawarkan terdiri dari penawaran saham baru sebanyak 4.197.786.413 saham di harga Rp900 per saham. Target dana yang diraih adalah  sebesar Rp3,778 triliun.

Adapun jadwal untuk pelaksanaan rights issue rencananya dilakukan pada 24-29 September 2008. Bertindak selaku pembeli siaga adalah Brilliant Capital Pte Ltd.

Seluruh dana hasil right issue tersebut akan digunakan untuk membeli obligasi tukar (convertible bond) Brilliant Capital senilai Rp3,778 triliun. "Setelah itu, obligasi akan ditukar dengan saham Asia Mobile," jelas Gamala.

Selain itu, nilai pembelian seluruh obligasi tukar Brilliant Capital setara dengan 1.092.123.375 saham atau 99,38 persen saham Asia Mobile. Saham yang akan ditukar tersebut, menurut Gamala, adalah milik PT Pertiwi Indonesia yang menguasai 99,38 persen saham di Asia Mobile.

Sekadar diketahui, Pertiwi Indonesia memiliki utang ke Brilliant Capital. Di mana untuk pelunasan utang-utangnya, Pertiwi Indonesia melepaskan seluruh sahamnya untuk dijual yang kemudian akan diambil alih oleh TRUB.

Sementara Asia Mobile sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi Base Transceiver Station (BTS), penyediaan BTS dan pemasangan receiver di gedung-gedung perkantoran.

Asia Mobile merupakan induk usaha dari tiga perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Asia Mobile menguasai 37 persen saham di PT Hutchison CP Telecommunications, 99 persen saham PT Telindo Nusantara, dan 51 persen saham di PT I-Mobile. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    20 Perusahaan yang Disegani