>

Bagaimana Cara Bermain Reksadana Bagi Pemula?

|

-

Bagaimana Cara Bermain Reksadana Bagi Pemula?
Dear rubrik konsultasi okezone,

Singkat saja, saya ingin tanya, jika hendak menempatkan reksadana equity, yang bagus ditempatkan di mana ya?
Saya belum pernah investasi di reksadana sebelumnya. sebenarnya ada berapa banyak institusi reksadana yang dapat saya pilih?

Hal-hal apa yang perlu saya ketahui sebelum saya berinvestasi di reksadana equity? terima kasih sebelumnya.

Best Regards,
Drian
Panglima Sudirman 40
Pasuruan

Jawaban

Jika berkeinginan berinvetasi di reksadana , sebaiknya Anda berinvetasi pada reksadana yang terdaftar di Bapepam LK.  Silahkan mengunjungi situs Bapepam di www.bapepam.go.id.

Saya tidak dapat secara langsung merekomendasikan reksadana ekuiti yang sebaiknya dibeli.  Melalui situs bapepam tersebut Anda juga dapat mendapatkan data kinerja dari seluruh reksadana yang terdaftar di Bapepam.

Secara sekilas, reksadana pada awalnya dimulai pada nilai aset bersih (NAB) sebesar 1.000.  Jika ada reksadana yang saat ini memiliki NAB jauh di atas 1.000 maka merupakan salah satu ukuran bahwa manajer investasinya memiliki kinerja masa lampau yang cukup baik.

Tetapi harus diingat bahwa kinerja manajer investasi di masa lalu bukan merupakan tolok ukur terhadap kinerjanya di masa yang akan datang. Reksadan equity menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi diantara reksadana-reksadana jenis lainnya tetapi juga memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi pula.

Sebagai tambahan, hati-hati terhadap pemasar reksadana yang menjanjikan suatu angka keuntungan tertentu dan memberikan jaminan bahwa anda tidak bisa merugi.  Investasi awal anda di reksadana terutama pada reksadana equity dapat turun seiring dengan kondisi perekonomian Indonesia dan dunia.

Salam
Mulana Hutabarat
Head Of Research Bhakti Securities


PT Bhakti Securities atau pihak lainnya, dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat penggunaan informasi di dalam forum tanya-jawab di www.okezone.com, atau kerugian yang timbul dalam kaitan dengan informasi di dalam forum tanya-jawab Bhakti Securities di www.okezone.com. Informasi dan pendapat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Petral Jadi Sasaran Utama Faisal Basri Cs