>

Pertamina Siap Fasilitasi Kredit Tabung Gas 3 Kg

Rabu, 10 Juni 2009 - 10:45 wib | Andina Meryani - Okezone

Foto: Widi Agustian/okezone.

Pertamina Siap Fasilitasi Kredit Tabung Gas 3 Kg
JAKARTA - PT Pertamina (persero) siap memfasilitasi kredit pembelian tabung baru LPG 3 kg bagi masyarakat. Kredit tabung baru tersebut diperuntukan bagi masyarakat untuk kepemilikan tabung kedua agar stok LPG rumah tangga aman.

Demikian disampaikan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga, Achmad Faisal, di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (10/6/2009).

Dinyatakannya, saat ini Pertamina sedang memfasilitasi proses pengucuran kredit dari Bank BRI dan Bank Bukopin kepada Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana) yang kemudian akan disalurkan melalui agen-agen kepada masyarakat untuk kepemilikan tabung kedua. Adapun tabung pertama merupakan hasil konversi yang diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma.

"Kalau masyarakat punya dua tabung, Pertamina kan aman, kalau ada hambatan tidak terjadi kelangkaan karena ada cadangan," ujarnya.

Diharapkan proses kredit ini akan terealisasi secepatnya pada tahun ini. Adapun Berdasarkan harga terbaru tabung baru LPG 3 kg sebesar Rp109 ribu, dan dengan kredit tersebut masyarakat bisa membayarnya secara kredit sekira Rp10 ribu per bulan melalui agen-agen Hiswana.

Ditambahkannya bahwa hingga hari ini, jumlah tabung yang sudah tersalurkan sebanyak 10,2 juta tabung dari target tahun ini sebesar 23 juta tabung.

Terkait dengan laporan adanya tabung palsu yang beredar dipasaran, Ia menyebutkan seharusnya dari pihak produsen ASITAB melaporkannya kepada Pertamina dan bukan ke pihak kepolisian. Dengan demikian, Pertamina bisa mengambil tindakan tegas dengan menutup agen-agen nakal. "Tabung yang dijual tidak melalui Pertamina kita stop," tegasnya.

Untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengguna tabung 3 kg, Pertamina berencana untuk meminta produsen untuk melakukan pengecatan tambahan lapisan tabung supaya lebih aman. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    DBS Group: Jokowi Naikkan BBM Awal Tahun 2015