>

Ditemukan Daftar Kekayaan Michael Jackson

|

Rani Hardjanti - Okezone

Gambar Si Raja Pop hasil karya David Nordahl. Gambar ini sempat dipajang di Neverland, Santa Barbara, LA. Kini dilelang seharga USD7.000 atau Rp71,7 juta. (Foto: CNBC)

Ditemukan Daftar Kekayaan Michael Jackson
WASHINGTON - Misteri kematian Michael Jackson terus menyedot perhatian. Banyak kalangan yang terus mengulik kehidupannya. Yang terbaru, telah ditemukan sebuah dokumen kekayaan Si Raja Pop.

Dokumen itu memaparkan daftar harta benda berdasarkan pendataan pada 31 Maret 2007. Jumlahnya aset bersih Sang Legendaris tercatat USD236 juta atau setara dengan Rp2,417 triliun. Untuk ukuran artis kelas dunia, dana yang 'hanya' sekian triliun rupiah itu mengelompokkan Michael Jackson ke dalam jajaran artis kelas menengah.

Mengapa demikian? Karena artis yang kerap melakukan operasi kulit ini, terlilit utang dalam jumlah sangat besar. Dokumen yang terdiri dari lima halaman itu mencatat utang USD331 juta. Entah untuk apa dana itu digunakan pria pemilik kerajaan Neverland. Kesimpangsiuran utang Michael Jakson hingga saat ini juga masih menjadi kontroversi.

Tidak hanya itu, pada halaman berikutnya, pria yang dijuluki King of Pop ini tercatat memiliki aset berupa Neverland Ranch dan saham Sony/ATV Music Publishing. Saham Sony itu termasuk hak lagu The Beatles. Selain itu, dia juga memiliki mobil, barang-barang antik dan koleksi bernilai tinggi. Total aset itu senilai USD567,6 juta atau setara dengan Rp5,815 triliun.

Data tersebut diaudit oleh kantor akuntan Thompson, Cobb, Bazilio & Associates dan ditemukan oleh kantor berita Associated Press, seperti dipublikasikan CNBC.com, Rabu (1/7/2009).

Dirincikan, kerajaan Neverland tersebut bernilai USD33 juta. Namun untuk membangun kerajaannya seluas 2.500 hektare (ha) di perbukitan Santa Barbara tersebut, sekira USD23 juta di antaranya diperoleh dari pinjaman.

Setelah Michael Jackson meninggal dunia, perdebatan lalu mencuat. Siapakah yang akan mengelola aset tersebut, mengingat anak-anak Michael Jackson masih berusia dini.

Seperti diketahui, Michael Jackson lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat pada 29 Agustus 1958. Artis yang terkenal dengan tarian moonwalk ini, wafat di California, Los Angeles, Amerika Serikat, pada 25 Juni 2009, pukul 14:26 waktu setempat. Dia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung, diiduga setelah diberi suntikan Domerol. Sang legendaris pun tutup usia pada umur 50 tahun.

Albumnya yang dirilis pada 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Dia mulai karir bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (yang kemudian menjadi The Jackson 5), sebelum akhirnya meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada 1971.

Sebagai anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik profesional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari The Jackson 5. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • ekonomi

      HT: Ekonomi Indonesia Auto Pilot

      Cawapres Hanura, Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai pertumbuhan ekonomi  Indonesia saat ini seharusnya bisa lebih dari 5,7 persen. Karena dari 5,7 persen tersebut lebih banyak didorong oleh peran swasta. Sementara peran pemerintah sendiri kurang signifikan.

    Baca Juga

    Rini Soemarno: Dirut Pertamina, Tunggu Tanggal Mainnya