Singapura Pertahankan Kebijakan Moneter

Kamis, 03 September 2009 07:52 wib | Koran SI - Koran SI

Foto: Ist Foto: Ist WASHINGTON - Dana Moneter Internasional (IMF) mendesak pemerintah Singapura untuk mempertahankan kebijakan moneternya.

Perubahan bisa dilakukan jika Singapura sudah keluar dari resesi dan sudah semakin sehat. Dalam reviewtahunan ekonomi Singapura, IMF menilai kebijakan moneter saat ini sudah baik dan mendukung permintaan domestik. "Fokus saat ini adalah mengupayakan stabilitas keuangan dan menjamin bahwa Singapura siap rebound saat ekonomi global mulai pulih,mengambil keuntungan dari banyaknya ruang manuver otoritas," kata IMF, seperti dikutip Reuters.

"Langkah berikutnya, dalam jalur pemulihan, sebuah sikap pengetatan akan dibenarkan untuk menjaga stabilitas harga, melalui target tren kurs efektif," imbuh IMF.

Bank Sentral Singapura mengelola kebijakan moneter dengan penyesuaian dolar Singapura terhadap sekumpulan mata uang perdagangan. Bank Sentral Singapura akan me-review kebijakan moneter Oktober mendatang. Analis meramalkan, Bank Sentral akan tetap menerapkan kebijakan moneter yang akomodatif.Kuartal II/2009 lalu kinerja ekonomi Singapura lebih tinggi dari ramalan analis.

IMF memprediksi, ekonomi Singapura akan berkontraksi sekitar 8 persen pada 2009.Pemulihan produk domestik bruto (PDB) diproyeksikan pada kuartal IV/2009.IMF meramalkan PDB 2010 sekitar 2,5 persen. (ahmad senoadi)
(Koran SI/Koran SI/rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป