>

Saham IPO Bumi Citra Melambung 30,9%

|

Widi Agustian - Okezone

Foto: Corbis.com

Saham IPO Bumi Citra Melambung 30,9%
JAKARTA - Pada awal perdagangan perdananya, PT Bumi Citra Permai Tbk (BCIP) mengalami kenaikan menjadi sebesar Rp145 per saham pada awal perdagangan. Padahal harga penawaran adalah sebanyak Rp110 per saham atau hanya meningkat 30,9 persen.
 
Walau tidak banyak, saham BCIP mengalami kelebihan pemesanan. Di mana jumlah pemesanan dalam initial public offering (IPO) mencapai 809.133.500 lambar saham, sementara jumlah saham yang ditawarkan hanya 500.000.000 saham.
 
Perusahaan yang bergerak disektor property, real estate dan building construction ini merupakan emiten ke-10 yang mencatatkan saham perdananya di BEI. Masuknya Bumi Citra ini melengkapi target bursa yang ingin menjaring 15 emiten pada 2009.

PT Bumi Citra Permai Tbk mematok harga saham penawaran publik perdana (initial public offering/ IPO) di level Rp110 per saham, sementara harga nominalnya adalah Rp100. Perseroan menargetkan akan meraih dana segar sebesar Rp55 miliar dari perdagangan di bursa. Dan kapitalisasi pasar sebesar Rp132 miliar.
 
Penawaran sempat mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) sebesar 1,5 kali dari jumlah penawaran. Sebanyak 70 persen dari dana hasil IPO tersebut akan dipergunakan untuk pembebasan tanah seluas 40 ha yang terletak di Cikupa, Tangerang. 20 persen akan dipergunakan untuk infrakstruktur antara lain pematangan lahan, pembuatan jalan dan air. Dan sekitar 10 persen akan dipergunakan untuk tambahan modal kerja. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    BI Implementasikan Transformasi Menuju 2024