>

Bunga KPR BRI 7,5%

Sabtu, 5 Juni 2010 - 09:40 wib | Rahmat Baihaqi - Koran SI

Rumah. Foto: Wordpress

Bunga KPR BRI 7,5%
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menetapkan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) Extra perseroan sebesar 7,5 persen fixed satu tahun. Sedangkan untuk yang fixed selama dua tahun dipatok 8,8 persen.

"Dengan suku bunga yang murah ini merupakan kelebihan KPR Extra BRI dibandingkan KPR bank lain," ujar Corporate Secretary BRI Muhammad Ali di Jakarta.

Ali mengatakan, meski tergolong baru di BRI, kontribusi KPR bagi kredit konsumer perseroan sangat tinggi mencapai 69.33 persen terhadap total out standing kredit konsumer BRI yang terdiri atas KPR, kredit kendaraan bermotor (KKB), dan kredit multiguna (KMG).

"Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan frontier bahwa brand image KPR BRI sudah cukup tinggi di masyarakat, hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat akan KPR BRI pun relatif tinggi," ujar dia.

Menurut Ali, berdasarkan statistik perbankan Indonesia (SPI), Maret 2010 menunjukkan kredit tahunan tumbuh 11,55 persen dari Rp1.305,39 triliun per Maret 2009 menjadi Rp1.456,11 triliun per Maret 2010.

Salah satu sasaran kredit perbankan nasional adalah kredit properti. Kapitalisasi perumahan, apartemen, dan ritel ditaksir mencapai Rp65,2 triliun pada 2010. Angka itu dengan asumsi sektor properti tumbuh 10 persen dibandingkan 2009.

Namun, kata dia, Real Estat Indonesia (REI) memprediksi bisa tumbuh 15 persen. REI menargetkan pengembangan sekitar 110.000 rumah.Target tersebut terdiri atas pembangunan 100.000 rumah sederhana sehat (RSh) dan 10.000 rumah menengah.Akumulasi KPR oleh sejumlah perbankan nasional diprediksi mencapai Rp176,8 triliun.

Jumlah ini meningkat 18,82 persen dibanding tahun lalu yang mencapai Rp148,7 triliun. Ali menyatakan, dari prediksi pertumbuhan KPR yang pesat tersebut, BRI optimistis bisa terus meningkatkan nilai dan volume KPR tahun ini. Apalagi debitor BRI dimungkinkan memperoleh beberapa fasilitas KPR sekaligus.

"Persyaratannya mengajukan kredit maksimal Rp5 miliar, jaminan untuk KPR Extra adalah sertifikat hak milik (SHM) atau sertifikat hak guna bangunan (SHGB) tanah dan bangunan.Tenornya satu sampai 20 tahun, serta wajib dilengkapi dengan dokumen pribadi lainnya," tegas Ali.

Saat ini BRI telah bekerja sama dengan lebih dari 300 developernasional dan lokal untuk proyek perumahan maupun apartemen. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bosowa Tambah Porsi Saham di Bank Bukopin