Makro Surveillance, Konsep Monitor Makroekonomi

Kamis, 08 Juli 2010 13:45 wib | Wilda Asmarini - Okezone

Raden Pardede. Foto: Koran SI Raden Pardede. Foto: Koran SI JAKARTA - Makro surveillance merupakan konsep dan metodologi untuk memonitor kondisi makroekonomi dengan tujuan untuk memberikan hal yang relevan dalam rangka mengambil kebijakan makro prudential.

Hal tersebut seperti disampaikan Pengamat Ekonomi Raden Pardede, dalam penelitian dari Pengamat Ekonomi dari University of Maryland, Amerika Serikat, dalam Seminar Reformasi Sektor Keuangan untuk Memperkuat Fondasi, Daya Saing, Stabilitas Perekonomian Nasional, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (8/7/2010).

Raden mengatakan, bila makro surveillance ini meliputi serangkaian aktivitas yang terbagi dalam empat hal. Pertama, Menganalisa kondisi ekonomi dan pasar keuangan terkini, baik domestik atau global.

"Kedua, mengindentifikasi kaitan berbagai variabel ekonomi. Ketiga, melakukan pemerataan terhadap portofolio aset dan kewajiban serta instrumen keuangan, melakukan analisa kemungkinan pergerakan bersama keuangan tersebut," katanya.

Keempat, mengidentifikasi sumber penyebab penggelembungan atau bubble dan pengempisan (bush) atau membuat perkiraan tingkatan bubble atau bush dan kapan mencapai puncak.

"Nantinya ini akan dipakai dalam pembuatan rekomendasi jenis kebijakan dan besaran yang akan diambil," pungkasnya. (wdi) (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป