>

Harga Daging Sapi Beranjak Naik!

|

Rheza Andhika Pamungkas - Okezone

Penjual Daging. Foto: Rus Akbar/okezone.com

Harga Daging Sapi Beranjak Naik!
JAKARTA - Harga daging sapi jelang ramadhan mulai beranjak naik. Kenaikan daging yang sudah mulai sejak 15 hari lalu diprediksi sejumlah pedagang akan mengalami puncaknya di H-2 sebelum Lebaran.

"Harga daging sapi normal biasanya dijual Rp58 ribu per kilogram (kg). Sekarang jadi Rp65 per kg. Puncak kenaikannya beberapa hari sebelum Lebaran bisa lebih dari Rp75 ribu per kg," tutur salah seorang pedagang, Juhri, kepada okezone saat ditemui di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (25/7/2010).

Menurutnya, puncak kenaikan daging sapi karena harga dari penjagal nantinya akan berkisar di Rp50 ribu per kg. "Makanya kalau kita jual di Rp55 ribu per kg sulit," keluhnya.

Saat ini, pasokan daging dari penjagal sudah banyak berkurang. "Jika dulu pasokan daging dari penjagal banyak dan tersentral di Bekasi, sekarang tersebar hingga ke Karawaci," tambahnya.

Berdasarkan pantauan okezone di lapangan, harga daging sapi impor saat ini juga beranjak naik dari harga normal sebesar Rp45 ribu per kg menjadi Rp50 ribu per kg.

"Namun, untuk jenis daging sapi impor kurang diminati dibandingkan daging sapi lokal karena daging sapi impor kan dijualnya beku. Jadi jika digoreng akan susut dan rasanya hambar," jelasnya.

Harga Daging Ayam Mulai Naik, Kambing Masih Normal

Kenaikan harga daging sapi juga diikuti kenaikan harga daging ayam. Menurut sejumlah pedagang, harga daging ayam memang sudah naik sejak empat bulan terakhir.

"Normalnya harga daging ayam sekira Rp15 ribu-Rp16 ribu per ekor. Saat ini harganya sudah Rp19 ribu-Rp20 ribu per ekor. Beberapa hari jelang ramadhan akan naik hingga Rp23 ribu-Rp25 ribu per ekor," ujar salah seorang pedagang, Hendro, di pasar Tanah Abang, Jakarta, kepada okezone.

Sementara itu, harga daging kambing dipantau masih stabil. Walaupun diakui sejumlah pedagang penjualannya meningkat sekira 15-20 persen dibanding biasanya.

"Harga daging kambing masih stabil. Mungkin kenaikannya di H-2 sebelum Lebaran. Tetapi naiknya tak banyak. Hanya Rp1.000 saja dari harga normal saat ini Rp65 ribu per kg," tukas Ade, pedagang daging kambing di Pasar Tanah Abang. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina-BUMN Migas Angola Sepakat Kembangkan Bisnis