80% Aset Industri Keuangan Dikuasai Perbankan

|

Ade Hapsari Lestarini - Okezone

ilustrasi Foto: Corbis

80% Aset Industri Keuangan Dikuasai Perbankan
BALI - Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution menyatakan bila 80 persen aset yang dimiliki oleh industri keuangan masih dimiliki industri perbankan.

Topik ini terkait dengan penyediaan akses terhadap pembiayaan yang tidak dapat dilepaskan dari keikutsertaan sektor perbankan, terutama di negara seperti Indonesia.

Hal ini dikatakan Darmin saat membuka The Alliance for Financial Inclusion (AFI) yang bekerja sama dengan BI, di The Ayana Resort, Jimbaran, Bali, Senin (27/9/2010).

"Indonesia adalah sebuah negara di mana industri perbankannya terus menjadi sumber dominan dalam pendanaan negara. Walaupun subsektor lain juga berkembang. Oleh karena itu industri perbankan diharapkan akan terus menguat," tandasnya.

Untuk mendukung hal ini, Indonesia berkomitmen untuk membantu masyarakat miskin dengan mengadakan program proyek mikro kredit yang sudah dilakukan sejak 40 tahun lalu. Adapun sasarannya untuk menaikkan pendapatan dan penyediaan lapangan kerja di desa, serta memperkuat lembaga keuangan.

"Kita merasa bersyukur sudah berpengalaman dalam menjalankan program tersebut. Yakni dengan adanya program-program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kelompok Swadaya Masyarakat, hingga Proyek Krdit Mikro," ungkapnya.

Di sisi lain, pemerintah bangga dengan memiliki Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan unit khusus desanya. Dengan adanya 4.000 cabang BRI di seluruh Indonesia, maka bisa dan mampu menjangkau ke masyarakat miskin.(adn)
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Potensi Ikan Hias di Indonesia Capai USD1,5 Miliar