Pipa Gas Bocor, Kalila Diminta Ganti

Selasa, 19 Oktober 2010 08:06 wib | Maya Sofia - Koran SI

Ilustrasi Ilustrasi JAKARTA - PT Kalila Energy diminta untuk mengganti pipa gas yang sempat bocor di sekitar perkebunan kelapa sawit, Riau dengan pipa baru.

Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Elan Biantoro menuturkan, penggantian tersebut guna mencegah terjadinya kejadian serupa di masa mendatang.“Jangan sampai nanti penggantian pipa itu mengganggu pasokan gas ke PLN yang selama ini sekitar 7 juta kaki kubik per hari (MMSCFD),” ujarnya di Jakarta.

Seperti diketahui pipa gas Kalila mengalami kebocoran pada Jumat (15/10).Adapun kebocoran disebabkan aktivitas excavator PT Budi Tani yang tengah membangun gorong-gorong. Elan menjelaskan, operator excavator tidak mengetahui di sekitar wilayah tersebut terdapat pipa gas. “Nantinya kita juga akan memasang rambu-rambu jalur pipa gas di sekitar lokasi sehingga masyarakat bisa tahu lokasi pipa gas,”ujarnya.

Menurut Elan, pasokan gas ke PLN sudah kembali normal pada Minggu (17/10/2010) pukul 18.45 WIB seiring selesainya proses perbaikan pipa gas. Meski demikian, ujar Elan, perbaikan pipa masih bersifat sementara. Dia berharap pihak Kalila Energy bisa segera mengganti pipa tersebut dengan pipa baru.

Selanjutnya, dia menyarankan, penggantian pipa disesuaikan dengan jadwal PLN mengingat waktu yang dibutuhkan cukup lama.“Perbaikan bisa membutuhkan waktu 5–7 hari,”tutur Elan.

Direktur Energi Primer PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nur Pamudji membenarkan, pasokan gas ke PT PLN telah kembali normal pada Minggu malam (17/10/2010). (Maya Sofia/Koran SI/wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป