Incoterms, Perjelas Hak dan Kewajiban Pembeli & Penjual

Kamis, 16 Desember 2010 19:36 wib | R Ghita Intan Permatasari - Okezone

Ilustrasi. Foto: Corbis Ilustrasi. Foto: Corbis JAKARTA - International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia telah menerbitkan Incoterms 2010 edisi bahasa Indonesia yang diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaannya.

"Incoterms 2010 adalah kumpulan istilah yang dibuat untuk menyamakan pengertian antara penjual dan pembeli dalam perdagangan internasional," ujar Chairman Intertional Chamber of Commerce (ICC) Indonesia, Noke Kiroyan, saat launching Incoterms 2010, di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (16/12/2010).

Incoterms 2010 menjelaskan hak dan kewajiban pembeli dan penjual yang berhubungan dengan pengiriman barang, meliputi proses pengiriman barang, penanggung jawab proses ekspor-impor, penanggung biaya yang timbul serta penanggung risiko bila terjadi perubahan kondisi barang yang terjadi akibat proses pengiriman.

Sekedar informasi, ICC adalah sebuah Organisasi Bisnis Internasional, suatu badan yang memiliki kompetensi dan otoritas untuk berbicara atas nama perusahaan-perusahaan sedunia, di semua sektor.

Terkait hal ini, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) akan terus meningkatkan dan mengembangkan produk dan layanannya bagi nasabah yang melakukan perdagangan internasional.

"Pemahaman yang baik atas Incoterms 2010 akan mengurangi risiko dan biaya-biaya tak terduga bagi pengusaha yang melakukan perdagangan internasional. Potensi terjadinya permasalahan dalam bermacam hal dalam perdagangan internasional akan berkurang, dengan demikian daya saing eksportis dan importir Indonesia pada gilirannya akan meningkat," ujar Chairman Banking Technique dan Practice Commission ICC Indonesia, yang juga Direktur Danamon, Herry Hykmanto.

Danamon kini adalah salah satu bank yang paling aktif dalam bisnis trade financing di Indonesia, didukung oleh tim yang kompeten dan berpengalaman, berbagai skema pembiayaan dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan serta dukungan trade delivery channel yang kuat.

Hery menambahkan, potensi perdagangan di Indonesia di masa mendatang sangat besar dan akan menjadi salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi internasional. Dengan cakupan wilayah secara nasional serta dukungan aliansi internasional, saat ini berada dalam posisi yang tepat untuk bermitra dan menbantu nasabah mencapai tujuan bisnis secara efektif.

Dalam peluncuran Incoterms 2010 ini dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, Ketua Ikatan Bankir Indonesia Sigit Purnomo, perwakilan Bank Indonesia,Chairman ICC Indonesia Noke Kiroyan, anggota tim penyusun Incoterms 2010 dari ICC kantor pusat, Paris, dan Chairman Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป