Harga Beras di Padang Melonjak Naik, Warga Gelisah

Sabtu, 15 Januari 2011 16:16 wib | Rus Akbar - Okezone

Ilustrasi. Foto: Koran SI Ilustrasi. Foto: Koran SI PADANG - Naiknya harga cabai beberapa waktu lalu, membuat harga beras ikut melambung tinggi. Harga beras yang sebelumnya Rp15 ribu per gantang (1,5 Kg), naik menjadi Rp22 ribu per gantang hari ini.

Menurut Indra Yanellow (32), pedagang beras di Pasar Raya atau central pasar tradisional di Sumatera Barat, harga Rp22 ribu per gantang itu harga yang paling tinggi atau beras nomor 1 di Pasaran.

"Beras termahal saat ini beras Solok dari harga awal Rp15 ribu kini naik menjadi Rp22 ribu,” ujarnya pada okezone, Sabtu (15/1/2011).

Dikatakannya, memang ada harga di bawah itu tapi mempunyai kualitas yang sangat rendah, yakni banyak ampas dan kadang banyak kerikil. “Paling rendah harga berasa saat ini mencapai Rp19 ribu per gantang. Dulunya sih harganya Rp10 ribu per gantang,” katanya.

Akibat naiknya harga tersebut membuat beberapa pembeli hanya membeli per gantang saja, serta tidak dalam skala besar. ”Sejak naiknya harga beras kini pembeli hanya mampu membeli satu gantang saja,” ujarnya.

Roberta (32), ibu rumah tangga dari Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota padang, sejak naiknya harga beras itu, ia hanya mampu membeli beras yang kualitas rendah saja. “Gimana lagi pak, harganya melonjak, uang kita tidak ada lebih baik beli beras ini asal kita bisa makan,” tutupnya. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »