>

Minyak Tanah di Padang Mulai Langka

|

Rus Akbar - Okezone

Ilustrasi. Foto: Koran SI

Minyak Tanah di Padang Mulai Langka
PADANG - Kelangkaan minyak tanah di Padang, Sumatera Barat mulai terjadi selama beberapa minggu terakhir karena PT Pertamina (Persero) yang tak lancar memasok minyak tanah kepada agen penyaluran.

Inchek (60), seorang agen minyak tanah, mengatakan biasanya sekali seminggu mobil tangki dari Pertamina masuk ke ke sini. "Namun ini sudah dua minggu baru masuk sore tadi dan itu pun sudah habis malam ini juga," katanya, di Padang, Selasa (18/1/2011).

Kejadian ini menurut Inchek sudah dua kali terjadi, di mana mobil tangki yang biasanya datang sekali seminggu, sejak bulan Desember mobil tangki hanya masuk sekali dua minggu. Hampir di seluruh Kota Padang pun mengalami hal yang sama.

"Kondisi tentu membuat masyarakat susah untuk memasak makanan mereka. Satu tangki itu Pertamina mengorder Rp5.000 per liter untuk wilayah Kampung Nias," ulasnya.

Akibatnya, tak sabar mengantre di agen minyak tanah di jalan Kampung Nias I, Kelurahan Parak Rumbio, Kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat ricuh. Beberapa warga yang sudah mengantre lama menjadi marah dan menendang jerigen yang disusun.

Namun kericuhan itu tak berlangsung lama, karena beberapa warga yang ikut mengantre bahan bakar minyak tanah tersebut ikut melerai, kemarahan warga pada agen Mita.

Yulizar (39) warga Parak Rumbio sekaligus ketua pemuda yang ikut dalam antrean mengatakan, Pertamina baru akan menyalurkan hari ini. Adapun setiap kepala keluarga dijatahi 10 liter dengan harga Rp3.500 per liter.

"Sudah dua minggu mobil tangki dari Pertamina dan hari ini baru masuk pada pukul 17.00 WIB tadi, warga yang sudah tidak punya minyak tanah langsung menyerbu agen ini," katanya. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sofyan Djalil Dukung Program MP3EI SBY