"Kewenangan KPPU Sudah Lebihi KPK"

Rabu, 26 Januari 2011 19:35 wib | Andina Meryani - Okezone

Logo KPPU Logo KPPU JAKARTA - Guru besar Hukum Tata Negara UI Hikmahanto Juwana menilai kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sudah melebihi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dirinya menilai,KPPU sudah menjadi lembaga superbody di Indonesia dengan bermodal UU No 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha tidak Sehat.

"Kewenangan KPPU melebihi KPK karena bertindak sebagai investigator, penuntut, dan pemutus sekaligus,” ujar Hikmato dalam keterangan tertulisnya yang diterima okezone, di Jakarta (26/1/2011).

Padahal, menurutnya, untuk menentukan salah atau tidak nantinya di pengadilan hingga ke tingkat MA. Karenanya, Hikmahanto setuju apabila UU No 5 Tahun 1999 harus ditinjau ulang agar KPPU tidak semena-mena dengan lembaganya.

"Harus ada check and balance dalam peraturan tersebut. Yang terjadi sekarang KPPU bisa berbuat apa saja tentang praktek monopoli dan persaingan usaha. Para pengusaha yang akan dirugikan," katanya.

Seperti diketahui, KPPU banyak menjatuhkan sanksi dan denda kontroversial terhadap sejumlah perusahaan. Di antaranya PT Pertamina dan Medco Energy dalam kasus proyek Donggi Senoro, Sulawesi Tengah. Kini, Pertamina dan Medco sedang banding karena putusan KPPU dinilai tidak adil dan memperburuk iklim investasi.

Terakhir, KPPU menjatuhkan sanksi kepada 20 perusahaan produsen minyak goreng dengan tuduhan melakukan kartel. Padahal, menurut Direktur Bina Pasar dan Distribusi Kementerian Perdagangan, Jimly Bela, pengadaan minyak goreng murah itu merupakan kebijakan pemerintah. Apalagi Presiden telah memerintahkan untuk dilakukannya pasar modal terhadap beberapa komoditi, termasuk minyak goreng pada 7 Januari lalu.

"Tudingan adanya kartel minyak goreng oleh KPPU membuat target pemerintah melaksanakan program minyak goreng murah yang disebut Minyakkita (minyak goreng kita-kita) terhambat," ujar Jimmy kala itu

Menurut dia, program pemerintah ini diharapkan mampu mewujudkan hadirnya dominasi minyak goreng sederhana pada 2014 atau 2015.(adn) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »