>

Perbankan di Mesir Kembali Buka

|

Ade Hapsari Lestarini - Okezone

Ilustrasi

Perbankan di Mesir Kembali Buka
KAIRO - Perbankan di seluruh Mesir akhirnya resmi kembali dibuka setelah beberapa minggu lamanya ditutup akibat terjadi protes besar-besaran di negara tersebut sehingga berimbas ke sektor keuangannya.

Dilansir dari Associated Press (AP), Senin (21/2/2011), masyarakat di Mesir tampak mengantre di berbagai bank pada Minggu pagi untuk kembali melanjutkan bisnis mereka setelah bank sentral memutuskan untuk menutup perbankan di negara tersebut.

Sebelumnya, perbankan di Mesir diputuskan untuk ditutup mengantisipasi berbagai masalah yang timbul akibat pergerakan besar-besaran yang menuntut Presiden Husni Mubarak mundur. Ini dilakukan agar investor tidak kabur dari Mesir.

Pemerintah Mesir memperkirakan bila negaranya kehilangan pendapatan yang masuk sebesar USD1,7 miliar, di mana setengahnya berasal dari sektor pariwisata yang amat vital bagi Mesir.

Sekadar informasi, bursa saham Mesir kembali dibuka pada Rabu 16 Februari mendatang, setelah lebih dari dua minggu ditutup karena saham yang anjlok mengikuti protes anti-rezim di negara tersebut.

Pengumuman tersebut disampaikan pada Sabtu 12 Februari kemarin yang datang sehari setelah penguasa Mesir Hosni Mubarak menyerahkan negara ke dewan militer, menyusul adanya demonstrasi penggulingan selama 18 hari.

Bursa efek Kairo telah ditutup sejak 27 Januari karena mengalami penurunan hingga 10 persen dan merugi 70 miliar poundsterling Mesir (USD12 miliar) dalam waktu 48 jam sehingga mendorong pihak berwenang mengumumkan untuk ditutup sementara.

Demonstrasi terus-terusan melawan pemerintah rezim lama pada akhirnya memang membuat bursa efek Kairo memilih tetap tutup, dan berulang kali diminta untuk dibuka kembali. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mendag Komit Tingkatkan Ekspor Produk Fesyen