Master Plan Ibu Kota Jakarta Disusun

|

Koran SI - Koran SI

Jakarta. Foto: wordpress

Master Plan Ibu Kota Jakarta Disusun
JAKARTA - Pemerintah akan menyusun rencana induk (master plan) infrastruktur di wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya dan segera melaksanakannya. Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pemerintah sepakat membuat master plan berdasarkan keputusan Menko Perekonomian.

”Rencana induk itu segera didorong realisasi pembangunannya oleh Menteri PU (Pekerjaan Umum) dan Gubernur (DKI Jakarta),”kata Freddy di Jakarta.

Freddy menyebutkan, berbagai proyek infrastruktur di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya, seperti angkutan massal (MRT), proyek jalur kereta api (KA) Manggarai-Bandara Soekarno- Hatta, dan dryport Cikarang yang terhubung dengan jalur kereta api,akan disinergikan dalam konteks transportasi terpadu.

”Sesuai permintaan Presiden,master plan ini harus selesai paling lambat minggu depan,”ujarnya.

Dia menyebutkan,masalah-masalah rinci seperti anggaran dan penanggung jawab akan dibahas dalam waktu dekat. Menurut dia, realisasi pembangunan infrastruktur tersebut nantinya akan banyak melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selanjutnya BUMN akan melibatkan investor lain melalui kerja sama.Freddy menyebutkan, hambatan pembangunan infrastruktur selama ini masih seputar penyediaan lahan.

Sementara itu,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan jalur-jalur yang dapat dilewati dalam rangka pembangunan jalur KA dari Manggarai ke Bandara Soekarno- Hatta. ”Kalau pembebasan lahannya belum ada kesepakatan. Tetapi yang jelas, alignment (pemisahan) jalurnya sudah kita siapkan,” kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam kesempatan yang sama.

Selain membahas jalur KA bandara, rapat koordinasi juga membahas proyek Metropolitan Priority Area (MPA) yang merupakan kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Jepang. Menurut dia,saat ini sedang banyak proyek infrastruktur di DKI Jakarta namun secara prinsip MPA tidak boleh mengganggu kelancaran proyek-proyek yang sedang berjalan. Menurut dia, proyek-proyek tersebut harus diintegrasikan termasuk dengan pembangunan kawasan ekonomi khusus.

Terkait pembangunan KA ke Bandara Soekarno-Hatta, pemerintah memastikan telah menyediakan anggaran pembebasan lahan sebesar Rp450 miliar.Tujuannya agar pembangunan bisa segera direalisasikan.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, banyak hal yang dibahas pemerintah dalam rapat koordinasi infrastruktur di kantornya kemarin. Antara lain,pemerintah melakukan pembahasan tentang pembangunan circle line Jakarta yang harus mulai tahun ini. Pemerintah juga membahas anggaran untuk pembebasan lahan untuk jalur KA dari Stasiun Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp450 miliar.

Kementerian PU sudah diminta untuk menyiapkan jalur-jalur tanah yang akan dibebaskan untuk segera diputuskan. “Besok (hari ini) kita akan rapat kembali,”kata Hatta.
Untuk memperlancar arus transportasi dari dan ke Jakarta, pemerintah juga telah membahas mengenai enam ruas jalan tol di Ibu Kota.Jalan tol ini akan segera ditenderkan supaya tidak terpisah-pisah. Jika tender dipisah-pisah,nanti akan menimbulkan masalah di sana sini. Misalnya,satu ruas sudah selesai, ruas lain masih mangkrak. “Targetnya, 2014 ruas jalan tol ini sudah rampung,” tegas dia.

Selain berusaha memperlancar dan memberi kemudahan pada pembangunan infrastruktur dengan menganggarkan dana untuk pembebasan lahan sebesar Rp450 miliar, pemerintah akan membentuk otoritas transportasi.Draf awal dan peraturan presiden pun sudah selesai,tinggal mematangkan. Sehingga, nanti ada otoritas yang mengatur tentang transportasi Jakarta.

Dalam arti luas, mencakup program The Greater Jakarta. Freddy Numberi mengungkapkan, pemerintah akan mendorong BUMN untuk mengambil alih proyek MRT di Jakarta. Langkah ini diambil karena Jepang belum juga memberikan jawaban tegas atas kelangsungan komitmen mereka kepada proyek MRT. Namun, Freddy menegaskan bahwa Jepang belum memutuskan mundur dari proyek tersebut. (bernadette lilia nova/ maesaroh)
(wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tim Mafia Migas Keluarkan 6 Rekomendasi Soal Premium