>

Dipanggil BI, Bank Mega Beri Penjelasan

|

Rani Hardjanti - Okezone

Foto: Koran SI.

Dipanggil BI, Bank Mega Beri Penjelasan
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) langsung memanggil jajaran PT Bank Mega Tbk (MEGA) terkait bobolnya dana PT Elnusa Tbk (ELSA) sebesar Rp111 miliar.

"Saat ini kami sedang mendengarkan penjelasan dari Bank Mega," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah, kepada okezone, di Jakarta, Senin (25/4/2011).

Pertemuan yang dilakukan di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu, guna menjelaskan duduk perkara hilangnya dana disimpan di PT Bank Mega Tbk (MEGA) cabang Jababeka-Cikarang. Dana yang disimpan dalam bentuk deposito berjangka itu telah dicairkan tanpa sepengetahuan ELSA. "Saat ini kami masih melakukan pertanyaan-pertanyaan," imbuh Difi.

Difi menjelaskan, yang hadir dalam pertemuan itu yakni direksi Bank Mega, Direktur Kepatuhan Bank Mega, Direktur Operasional dan Satuan Kerja Audit Intern Bank Mega. Namun apa saja yang dijelaskan oleh Bank Pertama hingga kini masih belum diketahui. "Pertemuan itu tertutup," Pungkasnya.

Seperti diberitakan, ELSA menempatkan dana di Bank Mega, namun dana itu tiba-tiba tidak ada. ELSA baru sadar dana penempatan sebesar Rp111 miliar itu sudah tidak berdasarkan keterangan lisan dari Kepala Cabang Bank Mega. "Kami terkaget-kaget, begitu mau dicairkan tidak ada," ungkap Direktur Utama ELSA Suharyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (24/4/2011).

Perseroan pun memaparkan, apabila hal tersebut benar terjadi, maka pencairan tersebut tidak sesuai dengan perjanjian penempatan. Hal itu juga dilakukan tanpa sepengatahuan ELSA, maka dari itu perseroan pun mempertanyakan bagaimana sebenarnya sistem dan prosedur yang ada di Bank Mega.

Sesuai dengan surat perintah penempatan, ELSA mulai menaruh dana di Bank Mega cabang Jababeka-Cikarang sejak 7 September 2009 yang pernah mencapai Rp161 miliar, terbagi dalam lima bilyet deposito berjangka antara 1-3 bulan.

Seluruh dana tersebut telah ditransfer ELSA dan diterima dengan baik oleh Bank Mega. Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penempatan deposito ditandatangani oleh pejabat ELSA yang berwenang dan bilyet depositonya pun ditanda tangani oleh Kepala Cabang Bank Mega Jababeka-Cikarang.

Penempatan dana yang dilakukan oleh ELSA juga telah memenuhi prosedur dan persyaratan penempatan dana yang diterapkan oleh Bank Mega cabang Jababeka dimana dana tersebut ditempatkan.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    IHSG Kembali Start di Jalur Hijau