>

BRI & Bank Mandiri Fasilitasi Penyaluran Tunjangan Guru

|

Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Ilustrasi. Foto: Corbis

BRI & Bank Mandiri Fasilitasi Penyaluran Tunjangan Guru
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan memfasilitasi penyaluran dana tunjangan dan subsidi bagi para guru di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Para pendidik dan tenaga pendidik yang akan mendapatkan fasilitas tersebut adalah mereka yang bernaung di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Ditjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemendiknas.

Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Asmawi Syam menyatakan, bentuk kerja sama antara BRI dan Bank Mandiri dengan Kemendiknas berupa penyaluran dana tunjangan, subsidi, dan bantuan bagi pendidik dan tenaga kependidikan tersebut di antaranya dituangkan dalam berbagai kemudahan dalam pembukaan rekening.

"Para guru nantinya akan memiliki rekening khusus dengan berbagai kemudahan ketika proses pembukaan rekening. Selain itu, para guru juga akan mendapatkan keringanan biaya administrasi dan saldo minimal," kata Asmawi dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Kamis (25/8/2011).

MoU dan PKS ini juga meliputi bantuan biaya peningkatan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan. Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Ditjen Dikdas Kemendiknas Sumarna Suryapranata menjelaskan, setiap tahun, Kemendiknas menyalurkan sekira Rp5,4 triliun untuk berbagai tunjangan bagi para guru.

"Sayangnya, banyak rekening bank para guru tersebut bermasalah sehingga penyaluran dana tunjangan mereka pun terhambat dan uangnya masuk kembali ke kas negara. Ini adalah solusi atas masalah tersebut," kata Sumarna.

Tiap tahun, nilai sisa dana pada pos tunjangan guru adalah sekira Rp877 miliar dari total APBN Kemendiknas pada 2011 yakni Rp11,5 triliun. Pada RAPBN 2012, Kemendiknas mendapat alokasi anggaran Rp30,6 triliun. 

Kerja sama lainnya diwujudkan dengan pemanfaatan jasa dan instrumen perbankan lainnya untuk layanan keuangan Kemendiknas, serta pemberian fasilitas kredit BRIGuna, yakni kredit bagi pegawai berpenghasilan tetap. BRI juga akan membuka kemudahan atas fasilitas kredit konsumer seperti KPR, KKB, dan kartu kredit. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    35.000 Orang Tunggu Kepastian Hukum Karyawan Chevron