Perhutani Bangun Pabrik Plywood di Jatim Rp30 M

Senin, 05 September 2011 14:27 wib | Yuni Astutik - Okezone

Ilustrasi Ilustrasi JAKARTA - Perum Perhutani berencana akan membangun pabrik plywood dengan investasi sekira Rp30 miliar.

"Perum Perhutani akan membangun pabrik plywood di Jawa Timur. Dengan bahan bakunya berasal dari kayu jenis Sengon. Investasinya sekira Rp30 miliar," ungkap Deputi Bidang Industri Primer Kementerian BUMN Megananda Daryono saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN Jakarta Senin (5/9/2011).

Dikatakannya, pembangunan pabrik plywood tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tahun ini juga, yang mana kegiatan dari pabrik tersebut adalah memotong kayu yang hasil akhirnya berbentuk seperti kayu lapis. "Untuk Perum Perhutani, ini memang hal yang sangat baru. Dan tahun ini direncanakan peletakan batu pertamanya," imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Perhutani berencana membangun tiga pabrik pengolahan getah karet senilai Rp964 miliar. Menurut rencana, Perhutani akan membangun pabrik seluas 200-300 meter persegi di sekitar area hutan mereka di Sukabumi, Cilacap, dan Kediri Jawa Timur.

Perum Perhutani sendiri didirikan tahun 1961 dengan fungsi utama melakukan penataan dan eksploitasi kawasan hutan jati di Jawa-Madura. Ini merupakan kelanjutan program yang digariskan pemerintah penjajahan Belanda yang telah dimulai sejak tahun 1860. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป