>

Implementasi Bambu Pada Bangunan Modern

|

-

foto: kursi modern dari bambu

Implementasi Bambu Pada Bangunan Modern
BAMBU di banyak negara, termasuk Indonesia sudah terbukti menjadi materi bangunan dan konstruksi tradisional yang tangguh.

Selain dikagumi karena memiliki elasisitas dan kekuatan, bambu cocok untuk konstruksi seperti baja karena bentuknya yang menyerupai pipa.

Namun saat ini banyak yang menganggap bambu adalah material untuk lower class dan pamornya kalah jauh jika dibandingkan dengan kayu. Hal itu karena bambu memang murah dan mudah rusak jika tidak ditangani dengan baik. Padahal masa kini material tradisional tersebut banyak dimanfaatkan oleh arsitektur modern dengan tujuan beragam, bahkan dalam kebudayaan barat saat ini bambu sangat terkenal karena keindahan alamiahnya.

Selain itu kualitas bambu dihargai karena memiliki kelengkapan mekanis yang sangat baik dan bambu merupakan paradigma baru dalam konstruksi alami yang ringan The Origin Of bambu BambuBambu (Buluh,aur,eru) adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang mempunyai batang berongga dan beruas-ruas, banyak sekali jenis dan banyak memberikan manfaat pada manusia.

Dalam keragamannya bambu mempunyai sekitar 91 generasi dan 1.000 spesies. Bambu merupakan tanaman yang tumbuh paling cepat di bumi sehingga menjadi sumber daya alam yang juga paling cepat terbarukan. Bambu juga merupakan tanaman yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, salah satunya pada bidang arsitektur dan interior.

Penggunaan bambu pada bidang arsitektur dan interior sudah dilakukan dari zaman dahulu, penggunaan bambu sebagai elemen arsitektur dipakai pada dinding, atap maupun pada konstruksi bangunan seperti kolom dan balok.

Bambu juga dapat digunakan sebagai furniture yang kuat dan indah Sifat bambu sendiri adalah struktur yang ringan dan mempunyai kestabilan yang luar biasa, bambu juga dapat digunakan sebagai struktur. Kekuatannya tinggi, fleksibel sehingga mudah untuk membuat konstruksi dengan bentuk lengkung, serta dapat dimanfaatkan untuk banyak produk furniture saat sumber daya alam yang ada semakin terbatas maka bambu menjadi alternative yang sangat baik untuk konstruksi bangunan kontemporer.

Menurut data WWF sektor konstruksi paling banyak menguras sumber daya. Diantaranya mengambil 50 persen sumber daya alam dan 40 persen konsumsi energi. Untuk itu dibutuhkan solusi yang lebih ramah lingkungan dan dapat menekan biaya yaitu salah satunya dengan bambu. bambu Implementation Implementasi bambu pada bangunan arsitektur modern merupakan hal yang menarik untuk dibahas dan tentu saja diolah contohnya adalah "Wind Water Cafe," di Vietnam adalah sebuah cafe yang menggunakan bambu sebagai struktur bangunan dengan bentuk yang modern. Taiwan juga sudah mulai menggunakan material bambu untuk diimplementasikan di bangunan modern.

Sang arsitek (ROWE) menyebutnya modern house of bambu, bangunan modern ini dicover oleh bambu pada bagian luarnya. Menurut arsiteknya sinar matahari yang masuk melalui jendela membentuk bayangan yang cantik yang tercipta dari bayangan bambu-bambu. Untuk interior modern menggunakan bambu mari kita lihat Gingerboy Restaurant di Melbourne, dinding dan ceilingnya menggunakan bambu yang dipoles dan lampu LED sehingga mengesankan starry-night-market illusion dan penggabungannya dengan Plexiglass chair dan meja yang simple membuat bambu menjadi material yang tidak kalah menarik untuk diolah.

Selain itu furniture dari bambu dengan desain modern juga sudah banyak beredar dipasaran jadi kenapa tidak mulai mencoba mengolah bambu dan menaikan derajatnya dari Lower Class menjadi Upper Class.

Oleh
Dhea Rahmatiana
Himpunan Design Interior Indonesia
Sumber : Situs HDII (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    PLN Prioritaskan PLTA untuk Proyek 35 Ribu Mw