Apindo: Upah Minimum Bisa Naik, Asal...

Jum'at, 27 Januari 2012 20:14 wib | Martin Bagya Kertiyasa - Okezone

Rahmat Gobel. Foto: Koran SI Rahmat Gobel. Foto: Koran SI JAKARTA - Belum adanya jalan tengah untuk kenaikan upah minimum bagi para buruh, dikhawatirkan berimplikasi pada demonstrasi besar-besaran yang dilakukan kaum buruh.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Rahmat Gobel mengatakan, upah minimum yang nantinya disetujui harus diimbangi dengan kenaikan pada produktivitas.

"Karena kenaikan ini akan berdampak kepada cost, nah itu harus disertai dengan kenaikan produktivitas dan efisiensi," tegas Rahmat kala ditemui di kantor Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Menurutnya, serikat pekerja tidak boleh hanya meminta tanpa adanya kenaikan pada produtivitas. "Ini tanggung jawab serikat pekerja juga kan," tambahnya.

Meski begitu, dia menyerahkan seluruh kebijakan tersebut pada pemerintah untuk menentukan kebijakan ini. Intinya, apapun kebijakan yang dibuat tidak boleh merugikan serikat pekerja dan pengusaha.

"Saya mengimbau kepada para pengusaha, jangan hanya mau menuntut tapi tidak ada peningkatan dalam produktivitas dan efisiensi," tutur dia. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป