Ekonomi Italia Terkena Resesi

Rabu, 15 Februari 2012 21:03 wib | Ade Hapsari Lestarini - Okezone

Ilustrasi. Foto: Corbis Ilustrasi. Foto: Corbis MILAN - Badan Statistik Italia mengonfirmasi bila negara dengan ekonomi terbesar ketiga di zona Euro tergelincir ke dalam resesi ekonomi, karena penurunan aktivitas industri dan stagnannya sektor jasa.

Dilansir dari Associated Press, Rabu (15/2/2012), eknomi Italia secara kuartalan terkontraksi 0,7 persen dalam kurun waktu tiga bulan terakhir di 2011. Angka ini menandakan adanya penurunan kuartalan kedua.

Perekonomian Italia tercatat tumbuh sebesar 0,4 persen tahun lalu bila dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 1,4 persen.

Saat ini, negeri Pasta tersebut sedang berjuang untuk melepaskan diri dari krisis utang negara Eropa dengan langkah-langkah memotong pengeluaran dan memacu pertumbuhan.

Adapun angka-angka yang menyangkut pertumbuhan ekonomi tersebut akan dikonfirmasikan dengan data lain, termasuk untuk pengeluaran, yang akan dirilis bulan depan.

Analis UniCredit memperkirakan akan ada hambatan pada ekspor Italia, di mana konsumsi akan terkontraksi dan menghantam produksi sebagai dampak negatif dari serangkaian badai musim dingin. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป