Cara Hadirkan Taman Asri di Rumah

|

-

Foto: Taman dalam rumah/ homedesignnetwork.com

Cara Hadirkan Taman Asri di Rumah
TAMAN dalam rumah atau indoor garden bisa dijadikan solusi untuk rumah yang memiliki halaman amat terbatas maupun tanpa halaman. Kehadiran taman indoor bakal menciptakan keindahan yang selalu terpancar serta membangkitkan suasana yang menyejukkan hati.

Indoor garden sangat berbeda dengan taman basah atau outdoor. Taman di dalam rumah bisa Anda buat dengan menggunakan konsep taman kering. Taman kering adalah alternatif taman dalam rumah sebagai pengganti taman yang "basah", maksudnya taman yang langsung berhubungan dengan tanah dan tanaman yang membutuhkan cukup sinar matahari.

Menurut desainer interior Susan Octari Yauhan, terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menciptakan taman indoor, satu di antaranya meningkatkan keindahan alami yang ada di dalam rumah. Melalui cara ini, Anda bakal bisa memiliki rumah yang seolah-olah menyatu dengan alam.

Selain itu, lebih memudahkan pengawasan bagi yang mempunyai hewan peliharaan serta membantu sirkulasi udara di dalam areal rumah. Prinsip taman kering biasanya lebih didominasi unsur bebatuan, pasir, dan pengerasan pada bagian tertentu. Tampilan taman kering lebih simpel dan tidak terlalu banyak menggunakan pohon.

"Membangun taman dalam rumah bukanlah satu pekerjaan yang mudah karena jenis taman ini tidak hanya bisa diartikan membawa masuk tanaman ke dalam rumah," ujar Susan.

Taman kering juga banyak memberikan Anda manfaat, salah satunya menambah keindahan dan kenyamanan di dalam rumah serta menghadirkan kesan alami di dalam hunian sehingga kediaman Anda akan berkesan lebih alami.

Merawat taman kering jauh lebih mudah dibandingkan taman basah karena taman kering tidak memerlukan penyiraman yang harus dilakukan secara rutin.

Jika taman kering selalu berhubungan dengan udara luar, berarti taman kering juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran angin di dalam rumah.Taman kering menjadi salah satu alternatif lain untuk membuat rumah tampil lebih segar.

Secara umum, taman kering sama saja dengan taman biasa. Yang membedakannya hanya unsur air yang kurang, jenis tanaman, serta faktor kecukupan cahaya.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo mengatakan, pemilik indoor garden harus punya perhatian lebih pada tanaman yang ada di dalam rumah dari segi nutrisi, pupuk, sinar matahari, dan penyiramannya.

Kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari mungkin bisa dicari solusinya dengan menggunakan atap rumah yang transparan, meletakkan tanaman dekat jendela, atau memakai pupuk khusus yang memiliki fungsi sejenis dengan sinar matahari.

Mengenai jenis tanaman, sebaiknya pilih yang punya daya tahan cukup kuat. Pasalnya, taman kering kebanyakan berada di dalam rumah sehingga sangat minim cahaya. Tanaman hias patah tulang atau pandan bali bisa dipilih sebagai tanaman utama. Sementara, untuk tanaman kecilnya, Anda bisa memilih jenis sansiviera atau bromelia.

"Sebagai konsep tambahan, bisa digunakan hiasan batu koral tabur, batu koral sikat, atau batu alam. Jika konsepnya ingin lebih natural, maka material kayu bisa dipilih untuk taman kering ini. Pencahayaan juga tidak kalah penting karena sangat menentukan penampilan taman kering tersebut," ujar Herlin.

Membuat taman kering yang simpel pada bagian dalam rumah sebenarnya tidak terlalu rumit, asalkan Anda bisa merencanakannya sebaik mungkin. Hal sederhana yang harus Anda lakukan adalah mengupas bagian dinding tertentu sesuai dengan lokasi taman kering yang sudah Anda pilih.

Setelah itu, baru Anda bisa memasang beberapa batu alam dan jangan lupa diberi coating atau pelitur dengan warna yang glossy agar terlihat natural serta tidak cepat kusam. "Keindahan taman dalam rumah dapat dinikmati jika kita bisa melakukan perencanaan, pengerjaan, serta perawatan taman secara baik dan hati-hati," imbuh Herlin.

Dalam membuat taman indoor, harus dipikirkan beberapa hal, di antaranya tempat yang cocok di dalam ruangan untuk dijadikan taman serta jenis tanaman yang akan ditanam di dalamnya agar dapat tumbuh dengan baik.

(Aprilia S Andyna/ SINDO)
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tim Mafia Migas Keluarkan 6 Rekomendasi Soal Premium