>

Warna Oranye, Vocal Point Cantik untuk Rumah

|

Nur Januarita Benu - Okezone

Bagian belakang rumah (foto: myinteriordesign.com)

Warna Oranye, Vocal Point Cantik untuk Rumah
RUMAH tinggal tidak harus selalu berwarna netral, seperti putih, abu-abu, atau kuning gading. Untuk menghadirkan nuansa baru dan berbeda, Anda dapat mengaplikasikan warna lain yang cerah dan mencolok. Salah satunya adalah warna oranye, yang masih sangat jarang diaplikasikan sebagai warna cat rumah tinggal.

Salah satu rumah yang dapat dijadikan inspirasi untuk Anda adalah sebuah rumah tinggal minimalis modern yang terletak di South Yarra, Melbourne, Australia. Bangunan rumah tersebut sangat mencolok berkat bentukan kotak besar pada lantai dua yang berwarna oranye terang, sukses menjadi vocal point rumah tersebut.

Seperti dikutip dari laman My Interior Design, Senin (5/3/2012), rumah minimalis ini memiliki empat kamar tidur, sebuah garasi mobil di basement, dan sebuah ruang terbuka yang multifungsi, sebagai ruang tamu, ruang makanm, dan dapur. Interiornya pun sangat kental nuansa kontemporer.

Terdapat kaca yang melengkung tinggi di kedua sisi ruangan dan berfungsi sebagai partisi transparan antara eksterior dan interior bangunan, namun tetap memungkinkan orang untuk melihat pemandangan langit-langit oranye yang menyambung dari bagian luar rumah.

Material dan bahan finishing yang digunakan bukanlah yang mahal, namun yang diutamakan adalah efek tampilan yang cantik dan perawatan yang lebih mudah. Lokasi bangunan yang berorientasi pada arah utara dan selatan mata angin, memerlukan desain yang meminimalkan pancaran sinar matahari langsung, tapi memaksimalkan pencahayaan alami agar dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Kotak oranye di lantai ke dua memberikan bayangan cahaya pada bagian dapur dan ruang tamu yang terbuka. Kehadiran taman di bagian timur dan barat, menyajikan pencahayaan dan penghawaan alami menuju ke dalam rumah. Banyaknya pencahayaan alami yang digabungkan dengan panel surya berdampak sangat besar dalam mengurangi konsumsi energi rumah ini.

Proyek rumah tinggal ini memang bertujuan untuk membuat sesuatu yang berbeda, mencolok, dan menangkap perhatian. Jika Anda orang yang senang berkesperimen, maka inspirasi rumah tinggal ini sangatlah pas. Dijamin, letak rumah Anda akan dengan sangat mudah diingat orang, meski baru sekali melihatnya. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lahan Kalimantan Utara Belum Digarap Maksimal