>

Kepraktisan Taman Portable

Selasa, 6 Maret 2012 - 10:51 wib | -

Taman portable (foto: rudydewanto.com)

Kepraktisan Taman Portable
JIKA Anda bosan dengan tema taman yang itu-itu saja, taman bongkar pasang dapat dijadikan pilihan untuk mengatasinya. Selain untuk ganti suasana, menikmati keindahan taman bisa membantu menenangkan pikiran dan meredam kepenatan.

Sempatkan waktu senggang Anda untuk menata tampilan taman, terutama taman bongkar pasang. Kelebihan jenis taman ini adalah tanamannya mudah diganti sehingga memberikan nuansa yang berbeda dan tidak membosankan.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo menuturkan, konsep taman bongkar pasang atau portable sebenarnya sangat sederhana karena taman ini hanya terdiri atas tanaman dalam pot yang dapat diatur sedemikian rupa dan yang pasti semua tanaman tidak ada yang permanen tertanam di dalam tanah pekarangan.

Jadi, tanaman bisa dipindahkan kapan pun Anda mau. Kalau lahan yang tersedia di rumah Anda tidak memadai untuk dibuat taman, mengaplikasikan taman portable bisa menjadi solusi yang tepat agar halaman rumah tetap tampak indah. Untuk menatanya pun tidak membutuhkan perancang taman khusus. Anda dapat berkreasi sendiri dengan memilih taman dengan tema monokromatik atau sewarna atau tema taman berwarna-warni.

“Bila ingin menerapkan taman bongkar pasang,pasti jenis tanaman yang banyak digunakan adalah tanaman hias yang ditanam di dalam pot. Meski demikian, ada juga beberapa tanaman permanen atau dekorasi yang tidak bisa dipindahkan dalam taman bongkar pasang,” kata Herlin.

Tentu Anda sering melihat taman bongkar pasang pada acara resepsi pernikahan yang terdapat di depan pelaminan. Siapa tahu taman bongkar pasang yang ditampilkan di acara pernikahan itu dapat memberikan inspirasi untuk menentukan tema bagi taman bongkar pasang di rumah Anda.

“Banyak tanaman hias daun dan tanaman hias bunga dalam pot yang dapat digunakan seperti adenium dengan bunga yang bermacam-macam warna, gelombang cinta,anturium,puring-puringan, dan dapat diselingi dengan beberapa golongan anggrek,” lanjutnya.

Dengan hadirnya tanaman berwarna-warni dapat membuat taman bongkar pasang Anda yang bertema polikromatik tampil lebih mengesankan karena ada permainan warna dari tanaman hias. Setelah menentukan tanaman hias yang ingin digunakan, selanjutnya tinggal memikirkan bentuk atau model taman yang akan dibuat, apakah bermodel bundar, persegi, besar, atau kecil.

Semua bergantung pada area yang bakal digunakan. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melakukan penataan agar tampilannya lebih memukau. Jangan lupa pilih tanaman yang beraneka ragam, mulai yang besar, sedang, hingga kecil. Setelah itu, Anda dapat menyusun tanaman berdasarkan urutan besarnya. Tanaman yang besar bisa ditempatkan di bagian belakang, sedangkan tanaman yang kecil disusun di bagian depan sehingga akan terlihat rapi dan keindahannya pun bisa dirasakan.

“Selain dari elemen tanaman, aksesori bisa dijadikan tambahan agar tampilan taman bongkar pasang dapat terlihat lebih menawan. Ornamen gentong, patung, dan susunan batu hias bisa menambah hidup tampilannya,” ungkap desainer interior Ade Lesmana. Ragam bentuk pot yang digunakan juga mampu memberikan kesan kontras dengan aksesori lain.Tambahkan bangku taman serta lampu taman yang dapat membuat suasana taman terlihat lebih romantis di malam hari.

Anda boleh menggunakan pot untuk media pelengkap aksesori di taman bongkar pasang.Salah satu jenis pot yang bisa digunakan adalah pot dari tanah liat. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki dari jenis pot ini, di antaranya memiliki pori yang mampu mengeluarkan air sangat banyak,suhu yang relatif kecil di dalam media pot,tidak berat kecuali yang berukuran besar,dan harganya relatif murah. Hanya, jenis pot ini juga memiliki kekurangan, yakni mudah pecah dan retak.

(Aprilia S Andyna/Koran SI)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Dijamin Selesai Akhir 2015