>

Dubai Dirikan Dua Bangunan Hijau nan Ciamik

|

Riani Dwi Lestari - Okezone

Foto: AC tower/ otakku.com

Dubai Dirikan Dua Bangunan Hijau nan Ciamik
JAKARTA - Meraih predikat negara yang memiliki bangunan paling tinggi di dunia rasanya belum cukup bagi Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Setelah Burj Khalifa dan pulau reklamasi Palm Jumeira, Dubai mendirikan dua bangunan mix-used occupancy dengan konsep ramah lingkungan.

Salah satu gedung setinggi lebih dari 100 lantai dengan nama AC Towers, didesain agar bisa menghasilkan udara dinginyang nantinya akan disalurkan ke bagian gedung lainnya, menggunakan teori prinsip suhu udara.

Dengan menara setinggi itu, maka diharapkan udara dingin yang dapat dihasilkan adalah sekira 10 derajat celsius lebih rendah dibandingkan udara yang ada di sekitar. Sehingga, estimasi konsumsi energi gedung bisa dihemat sampai sekira 40-60 persen.

Seperti yang dilansir situs Otakku, Sabtu (10/3/2012), luas AC Tower adalah sekira 800-900 meter persegi yang terdiri dari hotel, residensial, lahan parkir, dan tempat hiburan.

Masih dalam satu kawasan, terdapat dua gedung yang dinamakan EP-90 berbentuk kurva yang nantinya akan dikelilingi taman terbuka yang super luas sehingga bisa menghasilkan udara yang sejuk. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jack Ma: Alibaba Hadapi Momen Paling Berbahaya