Dahlan: Sejak Zaman Bung Karno, SDA Dikelola Asing

Kamis, 29 Maret 2012 18:21 wib | Prabowo - Okezone

Menteri BUMN Dahlan Iskan. Foto: Koran SI Menteri BUMN Dahlan Iskan. Foto: Koran SI YOGYAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait aksi demo yang dilakukan mahasiswa menuntut supaya pemerintah mengambil alih aset-aset sumber daya alam Indonesia yang dikelola pihak asing.

Dahlan menyampaikan, sejak jaman dahulu di era Soekarno (Presiden RI pertama) hingga saat reformasi ini, SDA banyak dikuasai asing.

"Nasionalisasi aset ? Silakan tanya ke pengusaha-pengusaha migas sana, sudah sejak jaman Soekarno asset dikuasai asing," katanya usai acara talk show bertema Pemimpin Muda, Belajar Merawat Indonesia di kampus UGM Yogyakarta, Kamis (29/3/2012).

Banyak pengusaha khususnya Migas tidak mau menggelola asset SDA Indonesia karena terkendala modal. Selain itu, resiko dalam menggelola juga sangat besar.

"Yang saya ketahui dari pengusaha-pengusaha migas kita, mereka tidak ingin berinvestasi menggelola itu karena biaya dan resiko besar," jelasnya. 

Sementara, pemerintah sudah memberikan kebebasan untuk berinvestasi di beberapa sektor, termasuk Migas. Pemerintah sendiri tidak bisa bekerja tanpa ada kerja sama dengan investor, baik investor asing maupun pribumi. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »