>

Burger King Tawarkan Saham di New York

|

Widi Agustian - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Corbis)

Burger King Tawarkan Saham di New York
NEW YORK - Burger King berencana mencatat penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) di bursa Amerika Serikat (AS), yakni New York Stock Exchange dalam tiga bulan ini.

Seperti dikutip dari Associated Press (AP), Kamis (5/4/2012), pemegang saham ritel hamburger terbesar kedua di dunia ini, 3G Capital, mengatakan akan menjual 29 persen saham seharga USD1,4 miliar kepada Justice Holdings Ltd. Dan 3G masih akan menyimpan 71 persen saham Burger King ini.

Justice Holdings akan menghentikan perdagangan sahamnya di Londong Stock Exchange ketika transaksi selesai. Perusahaan ini kemudian akan berganti identitas menjadi Burger King Worldwide Inc dan sahamnya akan diperdagangkan di New York Stock Exchange.

Sebelumnya, Burger King sudah diperdagangkan di London dengan ticker "BKC" antara 2006 dan 2010. Namun ticker baru belum ditentukan. Rencana go public ini diumumkan sehari setelah Burger King meluncurkan iklan di TV yang dipenuhi dengan artis. Ini merupakan promosi terbesar sejak tahun 1954.

Perbaikan ini dimulai tahun lalu, dan 3G Capital mengambil kendali pada rantai makanan cepat saji serta membenahi bisnisnya. Eksekutif memutuskan untuk meninggalkan strategi yang usang.

Direktur Keuangan Burger King Daniel Schwartz mengatakan strategi pertumbuhan perusahaan tidak akan berubah serta Burger King akan terus fokus pada penguatan merek di dalam negeri dan luar negeri. Dia mengatakan tidak akan ada perubahan pada kepemimpinan senior sebagai hasil dari perusahaan go public.

"Kami percaya bahwa rencana agresif Burger King untuk pertumbuhan internasional akan mendapatkan keuntungan dari visibilitas sebagai perusahaan publik di NYSE," kata pendiri Justice Holdings Nicolas Berggruen. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Konsolidasi Bank BUMN, Pemerintah Harus Batasi Bank Asing