Ini Pihak yang Diuntungkan dari Menguatnya Dolar

Kamis, 31 Mei 2012 14:32 wib | Pebrianto Eko Wicaksono - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Corbis) Ilustrasi. (Foto: Corbis) JAKARTA - Melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), sudah pasti ada pihak yang dirugikan. Namun, ada juga pihak yang diuntungkan, yakni para eksportir.

"Karena rupiah melemah, ekspor naik. Ini justru lebih menarik untuk produk Indonesia. Itu yang harusnya dimanfaatkan," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, pada saat mengukuhkan pengurus Kadin Indonesia Komite Brunei, di Pullman Hotel, Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Menurut dia, impor akan turun seiring melemahnya rupiah. "Tapi untuk mesin pabrik jika bahan bakunya memang impor, namun setelah pabriknya berjalan, kita tidak perlu impor. Jadi kita yang mengekspor. Sebaliknya, kita upayakan ekspor ditingkatkan, impor mesin pabrik itu baik akan meningkatkan nilai tambah," jelas dia.

Selain itu, dia juga mendukung turn deposit untuk devisa ekspor. Ini merupakan sebuah aturan dari Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan perbankan menahan lalu lintas dolar AS dari para eksportir.

"Indonesia sering ekspor, tapi hasilnya enggak ke Indonesia. Parkirnya di luar negeri. Saya kira wajar saja (ada aturan itu) dan kita harus dukung itu. Seharusnya devisa memang harus masuk Indonesia sehingga jadi sumber pendapatan negara," kata Suryo.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dengan adanya aturan ini maka berpotensi menambah cadangan Devisa. "Cadangan devisa kita bisa lebih meningkat. Tapi kalau ekspor kita menerimanya di luar negeri, ya tidak tepatlah," tutup Suryo. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป