Surat Utang CMNP Raih Peringkat A-

Senin, 02 Juli 2012 13:29 wib | Yuni Astutik - Okezone

Logo CMNP. (Foto: CMNP) Logo CMNP. (Foto: CMNP) JAKARTA - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat A- untuk PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CMNP) atas rencana Obligasi IV tahun 2012 sebesar maksimum Rp700 miliar.

Peringkat yang sama juga diberikan Pefindo untuk rencana Sukuk Ijarah I CMNP-2012 sebesar maksimum Rp500 miliar. Adapun outlook peringkat adalah stabil.

"Peringkat tersebut mencerminkan volume lalu lintas yang tinggi dari Jakarta Intra Urban Toll Road (JIUT) milik CMNP. Ini menyebabkan arus pendapatan yang stabil dan dapat diprediksi, struktur tarif yang lebih baik, dan marjin profitabilitas yang kuat ," ungkap Analis Pefindo Niken Indriarsih, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya di Jakarta Senin (2/7/2012).

Hal yang perlu dicermati sebagai batasan peringkat adalah portofolio jalan tol perusahaan yang terbatas. Selain itu, adapula hambatan dari struktur permodalan yang agresif dalam jangka pendek hingga menengah untuk membiayai pengembangan jalan tol baru. Ditambah lagi, risiko bisnis terkait pengembangan jalan tol baru.

Portofolio jalan tol CMNP saat ini terdiri dari JIUT untuk seksi Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit. Sementara itu, anak perusahaan CMNP, yaitu PT Citra Margatama Surabaya mengoperasikan jalan tol Waru-Juanda di Surabaya. Anak usaha lainnya, yakni PT Citra Waspphutowa memiliki hak konsesi atas jalan tol Depok-Antasari di Jakarta yang kini masih dalam tahap pembebasan lahan. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป