>

Tukar Uang, BI Malang Siapkan Rp 1,4 Triliun

|

Hari Istiawan - Okezone

Logo Bank Indonesia. (Foto: Okezone)

Tukar Uang, BI Malang Siapkan Rp 1,4 Triliun
MALANG - Bank Indonesia (BI) Malang, Jawa Timur, telah menyiapkan uang sebesar Rp1,4 triliun untuk persediaan kebutuhan perbankan di wilayah Malang dan penukaran uang receh menjelang Lebaran pada 2012 ini.

Kepala Bank Indonesia Malang Totok Hermiyanto, mengatakan, jumlah penyediaan penukaran uang untuk tahun ini meningkat dari 2011 yang hanya Rp974 miliar. "Tahun ini kita telah sediakan Rp1,4 triliun," ujarnya, di Malang, Selasa (24/7/2012).

Menurutnya, dana sebesar itu untuk memenuhi kebutuhan perbankan di wilayah BI Malang dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan uang pecahan baru menjelang Lebaran. Setiap bulan, kata Totok, rata-rata jumlah penukaran uang yang dikeluarkan BI Malang sebesar Rp200 miliar baik untuk kebutuhan bank maupun masyarakat.

Ia menyatakan, untuk penukaran uang pecahan sudah dibuka sejak awal puasa dan bisa dilakukan diĀ  11 outlet di wilayah kerja BI Malang selain di Kantor BI Malang sendiri.

Totok memprediksi, jumlah penukar sejak awal puasa hingga Lebaran akan mencapai 400 sampai 600 orang per hari. Karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar menukarkan uang sesuai aturan yang berlaku dan tidak membeli di calo atau jasa penukaran uang lain selain yang ditentukan BI Malang. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Global Mediacom Tetapkan Direktur Independen Baru