3 Oktober, Ribuan Buruh Depok Ancam Demo

Minggu, 30 September 2012 15:03 wib | Marieska Harya Virdhani - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone) DEPOK - Tuntutan para buruh rupanya tak hanya disuarakan saat peringatan hari buruh internasional saja atau biasa dikenal Mayday. Namun rupanya tanggal 3 Oktober nanti, seruan nasional demonstrasi serentak akan dilaksanakan seluruh buruh di seluruh Indonesia.

Ajakan tersebut akan diikuti oleh ribuan buruh yang ada di Depok, Jawa Barat. Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Depok, Sugino mengaku telah beraudiensi dengan kepolisian untuk meminta izin berunjuk rasa kompak bersama seluruh buruh.

Tuntutannya, kata dia, masih sama seperti yang sebelumnya yakni menghapuskan sistem kerja kontrak atau outsourcing. Sebab, kata dia, selama ini tuntutan mereka tak didengar oleh pemerintah dan masih dialami para buruh.

“Betul kami akan demo 3 Oktober, kompak, mungkin puluhan ribu. Tuntutannya yakni kita akan mengumandangkan Hostum alias Hapuskan Outsourcing Tolak Upah Murah,” tegasnya kepada Okezone, Minggu (30/09/12).

Sugino memaparkan demonstrasi akan dilakukan di Depok dan tidak bergabung dengan buruh lainnya menuju Jakarta. Mereka akan berunjuk rasa di depan pabrik masing-masing.

“Enggak ke HI atau istana, kami di depan pabrik masing-masing, enggak juga harus Mayday, kalau sudah saatnya demo ya kita demo, instruksi nasional serempak,” tukasnya.

Tak hanya soal outsourcing, Sugino juga mengingatkan pemerintah soal Undang-Undang Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) pada awal Januari tahun 2014. Para buruh meminta pemerintah komitmen menjalankan undang-undang tersebut.

“Kami minta jaminan kesehatan, apalagi ada UU BPJS kami tagih pemerintah untuk laksanakan itu, nanti aka nada perwakilan buruh yang ke kantor wali kota atau DPRD Depok untuk menyampaikan aspirasi kami, karena ini nasional jadi kami sudah izin ke Kapolri,” imbuhnya. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป