>

Tak Punya Rekening Ingin Dapat Modal Tanpa Bunga

Senin, 12 November 2012 - 07:15 wib | -

Konsultan MRE Diana Sandjaja, SE, CFP (Foto: dok MRE)

Tak Punya Rekening Ingin Dapat Modal Tanpa Bunga
Salam, saya ingin bertanya, bagaimana caranya mendapatkan modal tanpa bunga, sedangkan saya tidak punya rekening. Apa harus membuka rekening di sebuah bank?

Oleh:
Solih
Komp Binamarga

Jawaban:

Salam Bapak Solih,
Untuk mendapatkan permodalan dengan biaya yang minim, tentunya ada beberapa alternatif. Salah satunya adalah dengan mengundang investor yang bersedia memberikan permodalan kepada usaha Bapak, dengan imbalan keuntungan dikemudian hari.

Dengan demikian Bapak tidak harus membayar bunga, dan jika ternyata usaha bapak mengalami kerugian, maka sesuai perjanjian awal dengan investor maka Bapak tidak berkewajiban memberikan bagi hasil jika usaha bapak merugi.

Dalam periode jangka panjang, jika usaha Bapak sudah memberikan keuntungan, maka Bapak diwajibkan untuk tetap tunduk pada perjanjian dan memberikan bagi hasil keuntungan kepada investor. Jadi, bila usaha yang bapak lakukan cukup prospektif, maka investor pun tak segan untuk mengucurkan dananya sebagai modal kerja usaha yang Bapak solih lakukan.

Bila Bapak Solih ingin menggunakan produk kredit dari Bank konvensional, maka bisa dipastikan akan ada perhitungan bunga atas kredit yang Bapak solih ambil, dan Bapak solih diwajibkan untuk membuka rekening di Bank tersebut, untuk memudahkan pembayaran cicilan kredit.

Bunga akan dikenakan terhadap dana yang Bapak Solih pinjam, hal ini dikarenakan bank juga memberikan bunga kepada para nasabahnya, yang oleh bank, dana tersebut dialirkan kepada debitur atau pihak yang meminjam dana dari bank.

Pada Bank syariah, ada juga produk yang memberikan pinjaman berupa modal kerja yang tidak dikenakan bunga, namun ada perhitungan margin yang telah ditetapkan oleh bank.

Sebelum meminjam dari bank ataupun mengajukan proposal investasi kepada investor, lakukan evaluasi dahulu terhadap kondisi finansial usaha Bapak. Hal ini dimaksudkan agar kredit atau dana segar tidak menjadi bumerang yang dapat menjadi masalah dikemudian hari.

Evaluasi dilakukan terhadap cash flow usaha Bapak, apakah mencukupi untuk membayar cicilan kredit? Aset apa yang bisa dijadikan jaminan dalam perjanjian kredit? Dan berapa nilai kredit yang mungkin dikabulkan oleh bank. Setelah Bapak dapat memperkirakan, maka Bapak bisa mengajukan permohonan kredit modal kerja, pada bank-bank yang ada.

Sebaiknya Bapak mengirimkan aplikasi ke lebih dari satu bank. Karena mungkin saja ada bank yang menerima dan menolak aplikasi kredit Bapak, dikarenakan setiap bank mempunyai standar kelayakan kredit yang berbeda. Semoga berhasil Pak!

Diasuh oleh
Diana Sandjaja, CFP
MRE Financial & Business Advisory
Mitra Rencana Edukasi
PT I One Pacific Place 15th Floor I Sudirman Central Business District I
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan 12190 I
T. 021-2550 2425 F. 021-2550 2555
mike@mre.co.id
www.mre.co.id
Follow us @mreindonesia

Join "Dare to Dream Indonesia", our free entry Program Coaching & Business Mentoring.  http://www.facebook.com/pages/Dare-to-Dream-Indonesia/11291371265
See us live at www.financeku.com , our Live Video Streaming workshop on Financial Planning, Investment & Entrepreneueship
(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI