Menkeu Bantah Tolak Naikan Gaji PNS

Jum'at, 14 Desember 2012 13:28 wib | Fakhri Rezy - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Setkab) Ilustrasi. (Foto: Setkab) JAKARTA - Kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2013 terancam batal lantaran belum mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Namun, pihak Kemenkeu mengatakan tetap akan menaikkan gaji PNS tahun depan.

Untuk itu, Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo bermaksud melakukan pembicaraan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN-RB) Azwar Abubakar atas pernyataan terkait batalnya kenaikan gaji PNS tahun depan.

"Kan kita ada anggarannya (untuk menaikkan gaji PNS) kan. Nanti, (saya) akan kita bicarakan dengan Pak Azwar sebagai penanggung jawab," kata Agus Marto, di kantornya, Jakarta, Kamis (14/12/2012).

Menurut dia, Kemenkeu juga belum melakukan revisi menyangkut anggaran gaji PNS. Artinya, kenaikan gaji PNS sebesar tujuh hingga delapan persen masih akan terjadi di 2013. "Itu ada dianggarkan. Belum (direvisi) kan nanti kita bicarakan," katanya.

Senada, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Herry Purnomo mengatakan tidak ada pembatalan. Menurutnya, masalah kenaikan gaji PNS di 2013 sudah tidak bermaslah. "Enggak (batal). Untuk anggaran 2013 sudah aman," jelas dia.

Sebelumnya, Kementerian PAN-RB menyatakan, Kemenkeu tidak menyetujui kenaikan gaji PNS pada tahun depan. Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan kenaikan gaji PNS sebesar tujuh sampai delapan persen tahun depan. Namun, usulan tersebut ternyata tidak dikabulkan oleh Kemenkeu.
(mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป