>

Gairahkan UKM, Telkom Salurkan Rp285 M

Rabu, 19 Desember 2012 - 18:30 wib | Rohmat - Okezone

Logo Telkom. (Foto: Telkom)

Gairahkan UKM, Telkom Salurkan Rp285 M
DENPASAR - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp285 miliar kepada 5.872 usaha kecil menengah (UKM) di seluruh Indonesia sepanjang 2012.

Dana dalam jumlah besar itu, digunakan untuk mendukung kegiatan usaha UKM yang menjadi mitra binaan di Tanah Air baik yang bergerak di sektor jasa, industri, perkebunan, perikanan, perdagangan, dan peternakan.

Dari sisi jumlah penerima dana baik dalam program kemitraan maupun bina lingkungan, terjadi peningkatan cukup siginifikan dari sebelumnya mencapai 425 UKM pada triwulan ketiga.

"Selain pemberian dana CSR ini, juga mitra binaan juga dibantu dari sisi pemasaran yang hasilnya cukup positif di mana dalam setahun saja ada yang asetnya mencapai Rp200 juta dan beromset Rp1 miliar," beber Sulchi Senior General Manager Communitry Development Center Telkom M Ade Sulchi di Kuta, Bali, Rabu (19/12/2012).

Dalam merangsang dunia UKM, pihaknya memberikan anugerah AWARD kepada UKM penerima CSR yang dinilai berhasil memenuhi kriteria ketat yang ditetapkan.

CSR Award ini diberikan di semua wilayah yang dinilai layak memenuhi 10 kreteria setelah dilakukan mulai aspek manajemen administrasi pengelolaan, pertumbuhan omzet dan aset yang dicapai satu tahun terakhir hingga pemberdayaan SDM.

UKM yang memiliki aset dan omzet yang tumbuh pesat nantinya bisa menjadi model bagi perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sejak program SCR ini digulirkan pada 2007 dengan minimal bantuan modal usaha Rp5 juta dan maksimal sebesar Rp50 juta, lanjut Sulchi, tingkat pengembalian dana bergulir rata-rata mencapai 20 persen.

"Ke depan jelas besaran CSR akan terus ditingkatkan sehingga bisa lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi mereka," tandasnya didampingi Harmon Yero Selaku senior center SGM CDC Telkom.

Hanya saja, soal proyeksi besaran jumlah dana CSR 2013, pihaknya belum bisa menyampaikan karena sangat tergantung pada distribusi anggaran dan pendapatan yang dicapai. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI