Teralis, Pengaman Dekoratif

|

-

Teralis jendela (Foto: Baja Konstruksi)

Teralis, Pengaman Dekoratif
JAKARTA - Penggunaan teralis di beberapa bagian rumah semakin dibutuhkan. Selain dapat mencegah masuknya tamu tak diundang, juga bisa membantu memperindah properti Anda. Melengkapi desain rumah dengan penambahan aksesori teralis besi tentu hal yang jamak dilakukan.

Faktor keamanan menjadi pertimbangan pemilik rumah untuk memasangnya walau terkadang teralis bisa merusak tampilan jendela. Namun, tidak dengan model teralis minimalis. Sejak beberapa tahun terakhir, tren teralis jendela minimalis mengalami perkembangan yang pesat.

Teralis jendela minimalis merupakan aksesori yang disukai banyak keluarga modern dalam mendesain rumah. Bukan hanya jendela, pintu pun ada yang diberi teralis atau dijadikan railing tangga yang ikut menerapkan gaya minimalis berkesan simpel namun tetap terlihat modern.

Dulu, penggunaan teralis ini, desainnya hanya terpaku pada bentuk garis, horizontal, dan vertikal. Hal tersebut membuat tampilan jendela tidak terlihat manis, melainkan tampak menyerupai penjara lantaran bahan teralis umumnya terbuat dari besi.

"Fungsi teralis jendela tidak hanya memberikan nilai tambah secara estetika. Namun, seperti fungsi awalnya, teralis jendela juga berguna sebagai unsur keamanan awal di dalam rumah," tutur desainer interior Denny Setiawan.

Seiring berkembangnya zaman, saat ini para produsen teralis semakin bisa mengembangkan kreativitas. Karena itu, bermunculanlah desain teralis yang tidak biasa seperti bulat, bentuk ketupat, hingga bentuk dekoratif seperti tampilan bunga atau daun yang bisa menjadi penambah aksen interior rumah.

Denny menambahkan, terkadang bentuk teralis dekoratif tidak selalu menjadi solusi tepat untuk mendapatkan tampilan jendela yang semakin menawan dan tetap memberi rasa aman. Pasalnya, sering terjadi beberapa kesalahan bukan pada teralisnya, melainkan pada cara pemilihannya.

Memilih desain teralis sebaiknya disesuaikan dengan gaya rumah atau ruangan supaya tampilannya dapat menyatu harmonis. Sebelum memilih teralis, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar pengaplikasiannya sesuai dengan fungsinya.

Anda perlu memperhatikan jenis dan ukuran teralis. Terkadang tiap jendela dan pintu yang akan Anda pasang teralis tidak memiliki ukuran yang sama.

"Jika ada selisih 0,5 sentimeter antara teralis dan lebar jendela, maka hal ini akan berpengaruh terhadap kerapian pemasangan teralis.Itu karena memasang teralis perlu kecermatan supaya desainnya mampu menutupi lubang agar aman," lanjut Denny.

Selain dari ukuran, pemilihan material teralis juga harus diperhitungkan. Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikannya dengan karakter desain rumah.

"Untuk rumah yang memiliki desain minimalis, sebaiknya gunakan material besi tempa, besi cor, atau baja. Jika konsep desainnya tradisional, maka gunakan teralis berbahan kayu," sebut Denny. Selain memperhatikan bahan baku, sebaiknya perhatikan juga motif atau model desain teralis.

Teralis jendela dengan model minimalis sangat cocok digunakan di rumah bergaya minimalis maupun klasik. Sementara motif teralis jendela klasik sangat tidak cocok dipasang di rumah bergaya minimalis.

"Sebaiknya untuk rumah minimalis,gunakan teralis berbentuk horisontal apabila tirainya memakai horizontal blind. Selain itu, jika memilih bentuk teralis vertikal, gunakan tirai vertical blind," sebut Denny.

(Aprilia S Andyna/Koran SI)
(NJB)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sawit Sumbermas Sarana Targetkan Laba Bersih Rp735 Miliar