>

Demo, Buruh Ajukan 5 Tuntutan

|

Achmad Fardiansyah - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Demo, Buruh Ajukan 5 Tuntutan
JAKARTA - Dalam rangka merayakan Hut ke-14 Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi damai di Jalan Sudirman dan Thamrin. Aksi massa yang diperkirakan mengajak 50 ribu buruh ini akan dilanjut menuju Istana Presiden dan diakhiri di DPR dengan tuntutan jaminan sosial dan menolak upah murah.

Demo buruh tidak hanya terjadi di Jakarta, namun aksi ini juga di gelar di beberapa daerah seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, dan Aceh dengan tuntutan yang sama.

"Kita mengelar aksi serentak di berbagai daerah, untuk menuntut hak-hak buruh, tuntutan utama kita adalah berikan jaminan sosial dan menolak upah murah," ujar Presiden FSPMI Said Iqbal, di Jakarta, Rabu (6/2/2013).

FSPMI mendesak pemerintah untuk mengeluarkan RPP dan Perpres tentang jaminan kesehatan dan penerimaan bantuan iuran (PBI), di mana aturan itu seharusnya dikeluarkan paling lambat 1 November 2012.

Dalam aksi ini, FSPMI mengajukan lima tuntutan, yakni adanya jaminan kesehatan seluruh rakyat pada 1 Januari 2019, jaminan pensiun 1 Juli 2015, upah layak KHL minimal 84 item, dan tolak penangguhan UMP/UMK yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Buruh juga menolak instruksi presiden tentang gangguan keamanan nasional dan tolak RUU keamanan nasional, terakhir buruh meminta tidak lagi ada union busting.

Pantauan Okezone, aksi yang digelar di Bundaran HI, walaupun kondisi lalu lintas masih bisa dilalui pengendara umum aksi tersebut mendapatkan pengawal dari kepolisian 825 personil untuk pengamanan di HI saja. (mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Chevron Minta Kepastian Hukum untuk Pikat Investor