>

4.000 Rumah Cetak Murah Siap Dibangun di Malang

|

Nur Januarita Benu - Okezone

Contoh rumah cetak murah di halaman kantor Kemenpera (Foto: Runi Sari/Okezone)

4.000 Rumah Cetak Murah Siap Dibangun di Malang
MALANG - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) terus mendorong para pengembang di Kota Malang, Jawa Timur untuk membangun rumah cetak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerah tersebut. Saat ini, salah satu pengembang di wilayah tersebut, yakni PT Bulan Terang Utama bahkan telah menyatakan minat dan siap membangun sekitar 4.000 rumah cetak di Kota Malang.

Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz menyatakan, jumlah kebutuhan rumah di Kota Malang berdasarkan data yang diterimanya cukup besar. Adanya pembangunan rumah cetak tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pasokan rumah untuk masyarakat.

"Kemenpera akan terus mendorong para pengembang untuk membangun rumah cetak di Malang. Apalagi ada salah satu pengembang yakni PT Bulan Terang Utama di Kota Malang yang telah membangun dan siap memproduksi rumah cetak tersebut," ujar Menpera kepada sejumlah wartawan di sela-sela peninjauan pembangunan rumah cetak di Perumahan Bulan Terang Utama di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (7/2/2013).

Sementara itu, Direktur Utama PT Bulan Terang Utama, Umang Gianto menuturkan, keinginan perusahaan yang dipimpinnya untuk membangun rumah cetak dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah layak huni. Selain harga jualnya yang terjangkau, bangunan rumah cetak juga kokoh dan tahan gempa.

Saat ini, pihaknya akan mengembangkan lahan seluas 200 ha di Kota Malang. Saat ini sekira 75 persen dari luas tanahnya siap untuk dibangun. Sedangkan rumah cetak yang dibangun nantinya berukuran tipe 36 dengan luas tanah 65 meter persegi dan harga jualnya sekitar Rp88 juta per unit.

"PT Bulan Terang Utama berencana membangun 1.000 rumah cetak dalam waktu satu bulan. Kami telah mempelajari proses dan teknologi dalam pembangunan rumah cetak sehingga pengerjaannya lebih mudah dan produksi dalam jumlah besar," ujar dia.

Rumah cetak di Kota Malang tersebut, dibuat dengan rangka besi dan dinding yang dicor beton sama  dengan rumah contoh yang ada di Kemenpera. Sedangkan proses pengerjaan hingga penyelesaian akhir tidak memakan waktu lama sebab rangka besi rumahnya sudah disiapkan sebelumnya.

Djan pun mengungkapkan, rumah tersebut tahan gempa dan sudah diuji ketahanannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu. Ke depan, dirinya juga berharap untuk mengajak kerjasama dengan sejumlah universitas di Indonesia untuk menguji ketahanan rumah cetak tersebut. (NJB)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menteri ESDM Diserbu Keluhan dari Daerah