OJK Janji Lindungi Masyarakat dari Penipuan Investasi

Kamis, 14 Februari 2013 16:07 wib | Rezkiana Nisaputra - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone) JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan penyelesaian yang cepat terkait permasalahan penipuan di bidang investasi yang bisa merugikan masyarakat atau konsumen.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sri Wahyuni Widodo mengatakan, segala jenis pengaduan dari masyarakat, akan langsung dianalisis dan diteliti terlebih dahulu mengenai perusahaan yang melakukan penipuan terhadap investasi.

"Kita akan periksa sekira tiga sampai lima hari. Itu akan kita teliti, Undang-Undang mana yang dilanggar. Untuk waktunya itu tergantung kasusnya tapi kita akan sesegera mungkin menyelesaikannya," ujar Sri Wahyuni Widodo, di kantornya, Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jakarta, Rabu (14/2/2013).

Sedangkan dalam penanganan kasus yang terkait permasalahan penipuan di bidang investasi, pihaknya akan bekerjasama dengan lembaga keuangan, Bareskrim Polri, Kejaksaan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi serta UKM.

"Akan diuji dengan berbagai peraturan perundangan tersebut. Misalkan melanggar undang-undang koperasi itu akan ditindak sesuai dengan peraturan yang ada," jelasnya.

Sementara itu, jika perusahaan yang diinvestasikan benar melanggar perundang-undangan, nantinya proses tersebut akan diserahkan ke ranah hukum yang sesuai dengan apa yang dilanggarnya.

"Kalau sudah masuk hukum, kita tidak bisa intervensi lagi, karena kita hanya melindungi konsumen," tutupnya. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป