>

Laku Rp1,1 T, Ini Rumah Termahal di Dunia

Selasa, 12 Maret 2013 - 10:12 wib | Nur Januarita Benu - Okezone

Rumah termahal di London, Inggris (Foto: SWNS)

Laku Rp1,1 T, Ini Rumah Termahal di Dunia
LONDON - Inilah rumah yang digadang-gadang sebagai salah satu yang termahal di Inggris bahkan di dunia. One Cornwall Terrace adalah rumah Grade 1 atau paling premium yang terletak di pusat kota London, Inggris.

Rumah ini akhirnya terjual dengan nilai 80 juta poundsterling atau setara Rp1,1 triliun (Rp14.450 per poundsterling). Nilai fantastis tersebut sekaligus mencetak rekor sebagai penawaran terbesar dalam sejarah dunia properti di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sebelumnya, properti supermewah ini, dijual untuk umum dengan harga 100 juta poundsterling atau setara Rp1,5 triliun. Para pengamat properti juga sempat memperkirakan pembelinya adalah seorang pengusaha kaya dari Rusia atau Timur Tengah. Namun, prediksi itu salah karena yang membeli adalah seorang pengusaha properti raksasa Inggris, Marcus Cooper.

Harga yang sangat mahal itu dinilai sebanding dengan fasilitas serta keistimewaan yang dimilikinya. Dengan luas 21.500 kaki persegi atau sekitar 2.000 meter persegi, di dalam rumah empat lantai ini terdapat tujuh kamar tidur, sembilan kamar mandi, 11 ruang perjamuan, serta taman hijau yang luas.

Tak hanya itu, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (12/3/2013), rumah yang telah berdiri sejak tahun 1820 ini ternyata didesain oleh arsitek John Nash, yang juga merancang Istana Buckingham, yang menjadi hunian keluarga kerajaan Inggris hingga saat ini.

Belum lagi penerapan tekonologi canggih, di mana pencahayaan di dalam dan sekitarnya dapat langsung dikontrol lewat iPad. Selain itu, letaknya yang berada tepat di depan Regent's Park atau kantor wali kota setempat, semakin menambah nilai rumah bergaya campuran klasik dan fitur kontemporer ini.

Namun, bagi calon pemilik baru One Cornwall Terrace, harus rela mengeluarkan pajak yang cukup besar, senilai 7 juta poundsterling atau setara Rp108 juta.

Cornwall Terrace dinamai oleh Raja George IV yang memiliki gelar Duke of Cornwall. Sebelumnya, rumah ini digunakan sebagai kediaman para duta besar dan tamu-tamu kehormatan negara selama hampir 150 tahun. Dahulu, rumah ini pun pernah menjadi kediaman komisioner tinggi Selandia Baru. (NJB)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Akhir Tahun, IHSG Diperkirakan ke Level 5.300