>

Harga Tanah di Bali Naik 400% per Tahun

Jum'at, 15 Maret 2013 - 11:09 wib | Yuni Astutik - Okezone

Bali (Foto: Reuters)

Harga Tanah di Bali Naik 400% per Tahun
PADANG - Harga tanah di Bali disebut-sebut lebih mahal dibanding dengan harga tanah di Jakarta. Tak heran, harga tanah di Pulau Dewata tersebut naik hingga 400 persen per tahunnya.

Malahan, Direktur Utama PT Budi Sedana Propertindo, Wayan Budiana menuturkan jika harga tanah di Bali tidaklah menggunakan kalkulasi tahunan. "Perubahan harga tanah di Bali tidak hitungan bulan, tahunan, tapi menit," kata dia di Padang.

Sehingga, jika dikalkulasikan, harga tanah di Bali bisa meningkat hingga 400 persen per tahunnya. Lokasi dengan harga tanah tersebut berada di wilayah pariwisata seperti Seminyak dan Kuta. "Harganya bisa mencapai Rp20 juta per meter persegi (m2)," imbuh dia.

Adapun yang memiliki tanah tersebut, lanjut dia, kebanyakan berasal dari luar Bali, Jakarta misalnya. Warga Ibu Kota itu tercatat banyak yang memiliki tanah di Bali. Sementara itu, ada juga tanah yang dimiliki oleh asing. Tercatat warga Singapura, Malaysia dan Hong Kong yang memiliki tanah di Bali. "Namun biasanya mereka (asing) memiliki tanah atas nama warga lokal," ujar dia lagi.

Tak heran, lanjut dia, banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di Bali. Khususnya investasi dalam bentuk tanah. Menurut dia, permintaan yang sangat tinggi, membuat harga tanah di Bali melambung sangat cepat.

Sementara itu, bagaimana dengan tanah-tanah di pinggiran seperti daerah pedesaan? Menurut dia, karena permintaan yang rendah, membuat harga tanah di wilayah tersebut belum mengalami lonjakan yang signifikan. Meskipun begitu, saat ini wilayah tersebut sudah mulai dilirik lantaran warga asing banyak yahng tertarik untuk menikmati suasana pedesaan di Bali.

"Harga tanah di pinggiran seperti di desa-desa saat ini rata-rata masih sekira Rp1,8 juta per m2," tandas dia. (NJB)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI