>

Jero Wacik: Jangan Rusak Psikologi Masyarakat

Rabu, 10 April 2013 - 16:41 wib | Dani Jumadil Akhir - Okezone

Menteri ESDM Jero Wacik (Foto: Okezone)

 Jero Wacik: Jangan Rusak Psikologi Masyarakat
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan masalah pengendalian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dan kemungkinan kenaikan harga jangan terlalu dibesar-besarkan.

"Jangan ngomong BBM subsidi terus. Cooling down dulu karena akan mempengaruhi stabilitas psikologi masyarakat," ungkap Jero di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Jero menambahkan, pemerintah kini belum menetapkan opsi untuk menaikkan harga BBM subsidi karena akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakat.  "Sekarang lebih tepat mengutamakan untuk menjaga kuota BBM subsidi dengan melakukan sejumlah pengendalian," jelasnya.

Mantan Menteri Pariwisata ini mengungkapkan, ESDM telah menetapkan sejumlah langkah pengendalian seperti mengoptimalkan peran energi baru terbarukan (EBT), membangun sarana infrastruktur Sistem Monitoring Pengendalian (SMP) IT sampai menciptakan opsi BBM setara premium dan pertamax dengan RON 90.

Jero menjelaskan, opsi-opsi pengendalian ini akan dilakukan seiring tingginya indikasi jebolnya kuota BBM subsidi 46 juta kilo liter (kl) di 2013.

Apalagi, hal tersebut dioptimalkan agar keberadaan rakyat kelas menengah ke bawah juga tidak tercederai dibanding harus menaikkan BBM subsidi. "Soal BBM itu kita bisa atasi. Yang jelas ini rakyat kami pikirkan," tuturnya.
(gnm)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    RJ Lino Dinilai Belum Mampu Jadi Menteri