PNS Eselon I Bisa Pensiun di Usia 62 Tahun

|

Martin Bagya Kertiyasa - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Setkab)

PNS Eselon I Bisa Pensiun di Usia 62 Tahun
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dengan adanya aturan ini, maka batas usia pensiun PNS dapat diperpanjang.

Hal ini, lantaran batas usia pensiun jabatan PNS yang menduduki jabatan struktural eselon I, eselon II atau jabatan fungsional tertentu yang diangkat sebagai wakil menteri, dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan saat ini.

"PP ini terutama mengubah Pasal 3 PP Nomor 32/1979 tentang batas usia pensiun dan perpanjangan," demikian seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu (10/4/2013).

Perubahan ini menjadikan bunyi Pasal 4 yang tertuang dalam PP No.32/1979 menjadi batas usia pensiun sebagaimana dimaksud, dapat diperpanjang bagi PNS yang memangku jabatan tertentu.

Perpanjangan batas usia pensiun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan 65 tahun bagi PNS yang memangku jabatan peneliti madya, dan peneliti utama yang ditugaskan secara penuh di bidang penelitian, jabatan hakim pada mahkamah pelayaran, atau jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden.

Sementara bagi usia pensiun 60 tahun, diberlakukan bagi PNS yang menjabat sebagai struktural eselon I, jabatan struktural eselon II, jabatan dokter yang ditugaskan secara penuh pada unit pelayanan kesehatan negeri, jabatan pengawal Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Dasar (SD), Taman kanak-kanak (TK), atau jabatan lain yang sederajat, dan jabatan lain yang ditentukan oleh presiden;

Sedangkan usia pensiun 58 tahun, diterapkan bagi PNS yang memangku jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden. PP ini juga menegaskan adanya peluang perpanjangan batas usia pensiun sampai dengan 62 tahun bagi PNS yang memegang jabatan struktural Eselon I tertentu.

“Perpanjangan batas usia pensiun sampai usia 62 tahun ditetapkan dengan Keputusan Presiden atas usul Instansi/Lembaga setelah mendapat pertimbangan dari Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon I,” bunyi Pasal 4 Ayat (3) PP No. 19/2013.
(wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cerita Menteri Puan Tentang Pedagang Simpan Uang di Ketiak