>

Cegah Rumah Biar Nggak Kebanjiran Yuk!

|

Ria Hapsari Putri - Okezone

Ilustrasi, Sumber: olx.co.id

Cegah Rumah Biar Nggak Kebanjiran Yuk!
JAKARTA - Jika Anda ingin membangun rumah, pastikan punya perencanaan yang matang. Sebab, hal ini sangat berguna bagi keberlangsungan bangunan di masa datang.

Salah satunya adalah, bagaimana mencegah rumah agar tidak kebanjiran dikemudian hari. Mencegah lebih awal lebih baik bukan?

"Jakarta kan cenderung banjir, jadi lantai bangunan dari awal didesain lebih tinggi dari jalan dengan maksud agar air tidak masuk ke dalam," kata Arsitek Michael Tedja kepada Okezone, di Jakarta, Jumat (18/4/2013).

Selain itu, perhatikan juga sirkulasi udara. Yang utama, perhatikan jarak antara satu rumah dengan lainnya. "Sejak awal didesain proses angin masuk dan keluar, dan diperhatikan jarak bangunan dengan tetangganya dalam perencanaan sirkulasi ini," ungkapnya.

Lalu, bagaimana jika ingin renovasi rumah? Menurutnya, hal terpenting adalah tetap mempertahankan struktur awal yang menjadi tiang utama rumah tersebut.

"Dalam renovasi yang diperlukan diperhatikan yaitu tiang-tiang kolom yang menjadi struktur utama jangan dihilangkan. Perlu direncanakan matang mana yang boleh dihilangkan mana yang tidak," ungkapnya.

"Jangan sampai mau bongkar bagian tertentu malah harus bongkar semua. Dananya jadi mahal kan. Rencanakan secara matang," pungkasnya. (nia)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina-BUMN Migas Angola Sepakat Kembangkan Bisnis