Sumatera Berjuang Dana Bagi Hasil Pajak

Selasa, 23 April 2013 20:41 wib | Wahyudi Siregar - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Koran SI) Ilustrasi. (Foto: Koran SI) MEDAN - Wali Kota Medan Rahudman Harahap mengajak wali kota se-wilayah Sumatera, untuk secara bersama-sama mendesak pemerintah pusat, meningkatkan dana bagi hasil pajak yang berkeadilan untuk membantu pemerintah kota melaksanakan pembangunan.

Rahudman yang juga Ketua Komisariat Wilayah Sumatera Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengatakan, selama ini pembagian dana hasil pajak antara kota-kota di Sumatera dengan kota-kota di Jawa terbilang timpang. Khususnya terhadap Jakarta, yang terbilang sudah memiliki anggaran cukup besar dari APBDnya.

Rahudman mengaku, wacana tersebut telah didiskusikan secara informal, dan hampir seluruh walikota yang ada di Sumatera pada dasarnya menyetujui wacana tersebut, untuk kemudian dibawa dalam rapat kerja nasional Apeksi, yang akan digelar di Palangkaraya, Mei mendatang.

"Kalau Jakarta yang sudah memiliki APBD puluhan hingga ratusan triliun bisa mendapatkan dana bagi hasil sebesar Rp10 triliun, kenapa kita tidak. Perusahaan-perusahaan yang berkantor di Jakarta itu kan bekerjanya di daerah. Kita harus dapat dong. Kalau Rp1 triliun saja satu kota, saya pikir apapun bisa kita bangun di daerah. Bisa lompat-lompat kita melaksanakan pembangunan. Makanya ini saya suarakan, agar mendapat legitimasi formal dari para walikota se-Sumatera," ujar Rahudman, di sela-sela makan malam prarapat kerja Apeksi Wilayah I Sumut, di Hotel Grand Aston Medan, Selasa (23/4/2013).

Rahudman mengatakan, pemerintah sudah saatnya berpikir untuk menggerakkan perekonomian di wilayah perkotaan selain Jakarta. Namun tentunya upaya tersebut membutuhkan dukungan anggaran yang memadai.

"Jangan cuma untuk pembangunan proyek nasional saja dana itu cepat turun. Pemerintah harus sudah mulai berpikir untuk pengembangan wilayah kota, agar beban Jakarta berkurang. Ini mendasar, dan kalau pemerintah tetap memprioritaskan Jakarta, isu-isu primordial akan kembali menyeruak. Dan hampir seluruh wali kota di Sumatera setuju dengan hal itu," jelasnya. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »