Maja Akan Dijadikan Kota Mandiri

|

Ria Hapsari Putri - Okezone

ILustrasi, Foto: Okezone

Maja Akan Dijadikan Kota Mandiri
JAKARTA - Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memastikan jika proyek pembangunan kota mandiri Maja di Lebak, Banten akan terus dilanjutkan. Beberapa hal telah dilakukan salah satunya bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Kemenpera sudah mengirim surat ke BPN minta kawasan Maja dinyatakan sebagai tanah terlantar. Sehingga tanah tersebut sudah dikembalikan ke negara," ungkap Menteri Perumahan Rakyat (Menpera), Djan Faridz, setelah acara pelantikan eselon, di Gedung Kemenpera, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Dia menambahkan, soal tanah, telah dinyatakan milik negara. Hal ini berarti memudahkan pemerintah dalam melakukan pengembangan pada kawasan tersebut. Djan menambahkan jika untuk pengembangan ini juga akan melalui kerja sama antara pemerintah dengan swasta.

"Kawasan Maja nantinya akan menjadi perumahan untuk menunjang jembatan JSS (Jembatan Selat Sunda)," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jika saat ini sedang menunggu hibah bantuan dari luar negeri untu perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan proyek ini. "Sudah ada Jepang yang tertarik," tambahnya.

Sebelumnya, proyek kota Maja sudah dicanangkan sejak 1996-1997, ketika era Menteri Perumahan Rakyat Akbar Tandjung. Proyek tersebut sempat terhenti karena krisis ekonomi pada 1998.

Untuk pemerintah daerah, rencana pembangunan kota baru Maja dikaitkan dengan usulan pemindahan Ibu Kota Negara ke kawasan tersebut. Saat ini Maja merupakan sebuah kecamatan yang luasnya 5.250 hektare menjadi bagian Kabupaten Lebak, Banten. Rencana awalnya proyek ini baru akan digarap oleh Perumnas pada mulai tahun 2014, mencakup lahan 11.000 hektare.
(nia)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Daftar Miliarder yang Kekayaannya Terus Menurun