>

Harga BBM Naik, Masyarakat Malah Untung

Senin, 29 April 2013 - 07:09 wib | Rus Akbar - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Koran SI)

Harga BBM Naik, Masyarakat Malah Untung
PADANG - Apabila harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik, pemerintah telah menyiapkan strategi untuk mengatasi kemelut yang terjadi dalam masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri usai membuka Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) SDM di hotel Pangeran Beach, Minggu (29/4/2013) malam.

Menurutnya, apabila BBM naik ada tiga hal yang didapatkan oleh masyarakat yang pertama adalah Beras Miskin (Raskin) akan ditingkat dalam setahun masyarakat bisa mendapatkan pembagian tiga sampai  empat  bulan.

"Kalau dulunya mendapatkan 15 kilogram (kg) setiap kepala keluarga, bisa dinaikkan menjadi 30 kg," katanya.

Kemudian bantuan untuk siswa miskin, program Kemensos adalah keluarga harapan. Dari 2,4 juta Rumah Tangga Miskin (RTM), ada dalam satu rumah dua orang anak,  maka jumlah seluruhnya satu mencapai 4,8 juta anak-anak SD dan SMP yang mendapatkan bantuan siswa miskin.

"Kemudian yang ketiga program keluarga harapan adalah sekarang yang menerima dalam setahun kurang lebih Rp1,4 juta mungkin dinaikkan menjadi Rp1,8 juta per tahun," katanya.

Jadi semua dana yang dipakai untuk subsidi BBM, akan diahlikan untuk program tersebut. "Rencananya akan kita canangkan awal Mei," katanya.

Bantuan itu juga untuk mengantisipasi terjadinya inflasi, kalau harga BBM naik itu akan terjadi inflasi, prediksi mungkin setengah persen, tapi ketika bantuan-bantuan nanti akan digulirkan itu akan turun kembali. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI