Pemerintah Siapkan Program Kompensasi Kenaikan Harga BBM

Selasa, 30 April 2013 16:22 wib | Rizka Diputra - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Koran SI) Ilustrasi. (Foto: Koran SI) JAKARTA - Rencana kenaikan harga BBM berubsidi menuai reaksi beragam di masyarakat. Sebagian besar kalangan mengaku tidak setuju dengan rencana kenaikan harga BBM yang diprediksi akan semakin menyulitkan itu.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, rencana kenaikan harga BBM bersubsidi ini nantinya bakal diiringi komitmen untuk memberikan kompensasi yang akan berfokus pada tiga program pemerintah.

"Yakni beras untuk masyarakat miskin (raskin), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Dengan demikian, masyarakat akan menerima kompensasi sekaligus," kata Hatta dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Target utama penyaluran kompensasi BBM bersubsidi lanjut Hatta ialah kelompok masyarakat miskin. Distribusi kompensasi akan diintegrasikan dengan program pengentasan kemiskinan.

"Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang sangat membutuhkan. Ini merupakan ide dasar dari penyaluran subsidi," sambung Hatta.

Hal senada disampaikan, Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PAN, Chandra Tirta Wijaya. Menurutnya, kompensasi BBM harus menjadi perhatian pemerintah. Sehingga pengawasan dalam penyaluran kompensasi harus tepat sasaran. Pengawasan dalam peyaluran kompensasi BBM bersubsidi, kata dia sejatinya betul-betul menjadi perhatian pemerintah.

"Kompensasi merupakan bagian dari affirmative action bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan dukungan. Prinsipnya, kompensasi atas kenaikan harga ini diarahkan pada ketahanan masyarakat miskin," kata Chandra. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป