>

Bank Mandiri: Pengaruh Kenaikan Harga BBM Cuma 3 Bulan

|

Hendra Kusuma - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Bank Mandiri: Pengaruh Kenaikan Harga BBM Cuma 3 Bulan
JAKARTA - Direktur Keuangan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Pahala Mansury mengatakan, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat mempengaruhi kredit Bank Mandiri. Namun pengaruhnya tidak akan lebih dari tiga bulan.

"Kita lihatnya, kalaupun kenaikan BBM ada pengaruhnya itu dari sisi inflasinya. Kita lakukan kajian 30-40 bps lah naiknya. Tidak akan lebih dari tiga bulan, tentu pengaruhnya pada NPL tidak akan signifikan," kata Pahala di Jakarta, Senin (29/4/2013) malam.

Pahala melanjutkan kenaikan inflasi di saat harga BBM naik dapat mencapai 50 bps, di mana pengaruh kepada tingkat bunga dan biaya produksi nasabah Bank Mandiri tersebut, namun tidak akan berimplikasi signifikan.

Namun, menurut Pahala, jika tingkat bunga atau inflasi sekitar 50 bps dan tingkat bunga 50 bps, dirinya mengakui kemungkinan ada pengaruhnya terhadap rasio kredit Bank Mandiri.

"Tapi 20 persenan masih bisa lah, jadi berharap sih kalaupun itu terjadi, mungkin triwulan II ada perlambatan sedikit, tapi berharap triwulan III dan IV kembali naik. Jadi target 20 persen," imbuhnya.

Tidak hanyai itu, dampak dari kenaikan harga BBM terhadap kredit valas perseroan, Pahala menyebutkan pada triwulan I sekitar 15 persen. “Kalaupun akan ada perlambatan full year sekitar 10 persen sampai 15 persen," tutupnya. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bank BUMN Lakukan Merger, Ini Dampaknya